Kuburan 1.700 Calon Tentara Muda Irak Ditemukan

ilustrasi

ilustrasi

PADANGTODAY.COM – Kuburan 1.700 calon tentara muda Irak ditemukan. Mereka merupakan korban keganasan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS)pada musim panas lalu.

Tim forensik mengungkap, tugas mengerikan kali ini dimulai ketika mereka menemukan mayat calon tentara muda di Kamp Speicher. Calon tentara muda itu dibantai oleh militan ISIS saat mereka akan naik ke Irak Utara.

Kematian mereka menunjukkan pada warga Irak, para militan ISIS itu telah menyerang etnis dan agama minoritas serta sesama Muslim yang menentang mereka.

“Mereka menganggap orang-orang yang menentangnya semacam musuh baru,” seperti dilansir dari koran Daily Mail, Selasa (7/4).

Beberapa hari lalu, tim forensik dan kesehatan Irak bekerja sama dengan pihak terkait untuk menguak di mana saja tempat peristirahatan terakhir para tentara yang jadi korban kekejaman ISIS. Setidaknya, sudah 12 kuburan massal yang ditemukan di tepi Sungai Tigris.

Penggalian kuburan tersebut menjadi adegan memilukan tersendiri bagi mereka.

“Ini merupakan adegan memilukan, di mana kita tak mungkin dapat berhenti menangis. Sambil menggali, kita terus bertanya-tanya, bagaimana para barbar buas itu tega menghabisi 1.700 orang?” kata pejabat kesehatan Irak, Khalid Al-Atbi.

Sampai saat ini, sudah sekitar 20 mayat ditemukan dalam kuburan itu. Pihak keluarga mengatakan telah merasa tenang mengetahui keberadaan sanak saudaranya, walaupun sudah tidak bernyawa lagi.

“Kami sangat senang, setidaknya keluarga akan segera mengetahui nasib anak-anak dan sepupu mereka,” kata Khalid.

(ard/uil)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*