Kuliah Umum Wakil Ketua KPK di UNP: Kuatkan Tata Kelola, UNP Anti Korupsi

Kuliah Umum Wakil Ketua KPK di UNP: Kuatkan Tata Kelola, UNP Anti Korupsi

Padang, PADANG-TODAY.com-Wakil Ketua KPK Irjen Pol (Purbn) Basaria Panjaitan, menjadi pembicara dalam kuliah umum di Kampus Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang, Jalan Prof Hamka, Air Tawar Padang, Jumat (28/4).

Pada kesempatannya, Basariah Panjaitan mengatakan Pencegahan Anti korupsi harus dilakukan semua pihak. KPK tidak bisa jalan sendiri. Untuk itu, butuh keikutsertaan seluruh anggota masyarakat, termasuk institusi pendidikan.

“Pencegahan yg paling efektif untuk memberantas korupsi d masa depan adalah melalui penanaman karakter antikorupsi d kalangan mahasiswa. Generasi muda bangsa kedepan harus menerapkan prinsip-prinsip kejujuran dan integritas sejak dini di bangku kuliah. Perilaku mencontek merupakan cikal bakal korupsi,” ujar Basariah Panjaitan dihadapan ratusan mahasiswa UNP.

Hadir membuka acara, Rektor UNP; Prof. Ganefri dan Para Wakil Rektor UNP Dekan dan Pembantu Dekan selingkungan UNP. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), sebagaimana disampaikan Wakil Ketua, Basaria Panjaitan berkomitmen menjalin kerjasama yang lebih intensif dengan berbagai komponen bangsa untuk bersama-sama memerangi korupsi, karena sudah merambah berbagai aspek pembangunan tak terkecuali dunia pendidikan, maka seyogyanya institusi pendidikan wajib secara proaktif ikut dalam agenda antikorupsi.

“KPK menyambut baik kehadiran PK Gebrak UNP, KPK siap mngulurkan tangan untuk membantu UNP sebagai ujung tombak pembrahtasan korupsi berbasis kampus di Sumbar,” ujar Basariah dalam kuliah umum yang bertajuk “Peran Mahasiswa dalam Membangun Generasi Berintegritas dan Anti Korupsi”.

Basaria Panjaitan mengajak segenap komponen sivitas akademika untuk bersama-sama KPK mampu mengambil peran sebagai rule model pencegahan tindak korupsi sebagaimana fungsi UNP sebagai institusi pendidikan.

“KPK jilid ke-4 saat ini berkomitmen menjalin kerjasama yang lebih intensif dengan berbagai komponen bangsa untuk bersama-sama memerangi korupsi karena pencegahan korupsi memang tidak bisa dilakukan KPK sendiri, bahkan secara khusus perlu melibatkan universitas dengan potensi kelilmuan dan bersentuhan langsung dengan pembentukan mental generasi muda, sedangkan penindakannya KPK punya mekanisme yang diatur undang-undang,” jelasnya.

Sebelumnya Rektor UNP, Prof Ganefri menyambut baik kunjungan dan kuliah umum oleh KPK yang dihadiri mahasiswa dari berbagai Fakultas ini dan berharap ke depannya ada kerjasama. Rektor UNP menyampaikan, universitas yang dipimpinnya berkomitmen dalam pemberantasan korupsi.

“Kita membangun sistem tatakelola yg transparan dan akuntabel di segala lini. wisuda yg sebelumnya dua kali ditingkat Universitas dan Fakultas, kita pangkas hanya sekali d tingkat universitas dalam rangka penghematan anggaran sekaligus mencegah peluang pungli dan korupsi.Dengan berdirinya PK Gebrak diharapkan unp semakin cepat menuju kampus yg berintegritas di segala lini,” kata Ganefri yang juga ikut menyematkan PIN Gebrak UNP sebagai peresmian simbolis berdirinya Pusat Kajian Gerakan Bersama Anti Korupsi UNP, yang memberikan kesempatan perdana kepada Basaria.(Agusmardi/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas