Kunker Komisi A DPRD Payakumbuh ke Dinas Pemberdayaan dan Keluarga Berencana Kota Bogor

Kunker Komisi A DPRD Payakumbuh ke Dinas Pemberdayaan dan Keluarga Berencana Kota Bogor

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Dalam rapat kerja bersama Komisi A dan Komisi C DPRD Kota Payakumbuh yang dipimpin langsung oleh Yen Bodra Dt. Parmato Alam dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kota Bogor di Kantor DPRD Kota Bogor, Selasa (6/06), banyak informasi, serta edukasi baru yang diperoleh dari hasil rapat kerja bersama tersebut.

Salah satunya tentang bagaimana meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan mengendalikan laju pertumbuhan penduduk dan mendapatkan layanan pendidikan yang merata.

Seperti yang dikatakan oleh Rina Widayanti, Kepala Bidang Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera (KBKS) Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (BPMKB) Kota Bogor.

Rina mengatakan, Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat memiliki program unggulan untuk meningkatkan kualitas masyarakat dengan membentuk Kampung keluarga berencana (KB) yang salah satunya terletak di Kampung Muara, Kelurahan Pasir Jaya, Kecamatan Bogor Barat.

“Kampung KB yang terbentuk baru di satu lokasi yakni di RW 11 Kampung Muara, Kelurahan Pasir Jaya. Pemilihan Kampung KB memiliki kriteria yakni berdasarkan jumlah keluarga prasejahtera, memiliki jumlah keluarga miskin dan berlokasi di bantaran sungai, serta rendah capaian KB,” ucapnya dihadapan Komisi A dan Komisi C, DPRD Kota Payakumbuh.

Menjawab pertanyaan dari Ketua Komisi A, Maharnizul, terkait persoalan, serta tantangan yang dihadapi oleh Pemko Bogor dalam meningkatkan kualitas pemberdayaan perempuan dan mengendalikan laju pertumbuhan penduduk, Rina mengatakan bahwa pembentukan Kampung KB diharapkan dapat mempercepat akselerasi program KB di Kota Bogor, mengingat, selama 10 tahun belakang program keluarga berencana stagnan atau jalan di tempat.

“Semua instansi lintas sektor ikut mengintervensi berdirinya program KB ini,” ulasnya.

Dengan adanya Kampung KB mudah-mudahan program KB bisa meningkat terutama dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan mengendalikan laju pertumbuhan penduduk,” katanya.

Sementara itu, Wakil Pimpinan DPRD Payakumbuh, Suparman bertanya tentang tujuan, serta target kedepan Pemko Bogor mendirikan kampung KB di salah satu wilayahnya. Kembali Kabid KBKS dan BPMKB Kota Bogor itu menjawab dengan mengatakan pembetukan Kampung KB diharapkan dapat mempercepat akselerasi program KB di Kota Bogor. Pembetukan Kampung KB diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan anak-anak meraih pendidikan serta kehidupan yang layak.

“Maksud program Kampung KB ini targetannya ada dua, yakni untuk menekan laju penduduk, serta fokus untuk ketahanan keluarga,” pungkas Rina Widayanti.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*