Laboratorium Lingkungan Kota Pariaman Terakreditasi Nasional

wako menerima sertifikat akreditasi dari KAN RI dari Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sumatera Kementerian LHK RI, Amral Ferry

Kota Pariaman,Padang-today.com__Laboratorium Lingkungan merupakan hal yang sangat penting untuk pengujian sampel lingkungan yang ada di daerah, dan dengan adanya laboratorium lingkungan di kota pariaman yang sudah terakreditasi ini, maka akan menjadi sebuah keuntungan besar bagi pemerintah kota pariaman.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, kepada semua pihak yang telah ikut andil untuk menjadikan Laboratorium Lingkungan DLH Kota Pariaman terakreditasi,” Kata Walikota Pariaman Mukhlis Rahman dalam sambutannya ketika melaunching Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pariaman, dikantor DLH Kota Pariaman, kampung pondok, Kamis 21-12-2017.

Katanya, dengan adanya Akreditasi yang dikeluarkan oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) Republik Indonesia, dan telah ditetapkan sebagai Laboratorium Lingkungan Terakreditasi Nasional sesuai dengan iso/iec 17025:2008.

“Akreditasi ini ternyata berlaku secara internasional, terutama pada 62 negara yang dalam lingkup lembaga akreditasi internasional APLAC (Asia Pacific Laboratory Accreditation Cooperation) dan ILAC (International Laboratory Accreditation Cooperation), dan sertifikat pengakuan tersebut, telah diterima pada awal desember kemaren,” ungkap Mukhlis R

Laboratorium lingkungan kota pariaman, jelas Mukhlis, sudah sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan hukum.

“Laboratorium lingkungan kota pariaman ini, terbuka untuk umum, dan bagi laboratorium dari daerah lain yang ada di provinsi sumatera barat, dipersilahkan untuk belajar atau magang dengan tidak dipungut biaya,” katanya.

Ia menambahkan, hasil kerja laboratorium lingkungan ini, merupakan dasar dalam menetapkan kebijakan pembangunan di daerah, dengan adanya laboratorium lingkungan ini, akan sangat menguntungkan bagi pemerintah daerah.

“Akreditasi ini akan memberikan dampak yang sangat besar untuk kemajuan daerah, dan laboratorium lingkungan DLH Kota Pariaman ini, adalah yang kedua yang terakreditasi di Sumbar, setelah laboratorium lingkungan Kota Padang,” tutupnya.

Pada Kesempatan itu dilaksanakan penandatanganan MoU antara Kepala Laboratorium Lingkungan Kota Pariaman dengan Laboratorium Lingkungan Kabupaten Agam dalam hal pembinaan dan pemakaian laboratorium.

Acara ini dihadiri langsung oleh Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sumatera Kementerian LHK RI, Amral Ferry, Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyudin, Kajari Pariaman Elfrianto, Kepala Dinas lingkungan Hidup se Sumbar, Kepala DLH Kota Pariaman Adri dan jajaran, Kepala UPT Labor se Sumbar, dan Kepala UPT Laboratorium Lingkungan Kota Pariaman Ferry Abidin serta undangan yang hadir. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas