Langkah Gubernur Ahok Menghadapi DPRD DKI Dinilai Sangat Cerdas

Gubernur Basuki Tjahaja

Gubernur Basuki Tjahaja

Advertisements

Jakarta, PADANGTODAY.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta berseteru dengan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok terkait dana ‘siluman’ APBD DKI. Langkah Gubernur Ahok menghadapi DPRD DKI dinilai sangat cerdas.

“Ternyata Ahok ini cukup cerdas dalam menghadapi DPRD. Meski tidak punya parpol, dia berhasil ambil simpati publik Jakarta dan nasional,”kata Direktur Ekskutif Indostrategi Andar Nubowo.

Dia menilai, meski Ahok tidak mempunyai parpol tetapi Ahok justru didukung publik yang mengapresiasi dan simpati atas sikap dan tindakannya yang berani ungkap intransparansi dan bau tak sedap dana siluman pada APBD DKI Jakarta itu.

Insiden keributan beberapa hari lalu saat mediasi yang dilakukan Kemendagri antara Ahok dan DPRD DKI menurut Andar ialah cara Ahok memancing siapa sebenarnya aktor di balik dana siluman Rp 12, 1 Triliun itu.

“Tampak sekali, pancingan Ahok berhasil membuat anggota DPRD panik dan meradang. Buntutnya, Ahok diserang dari sudut etika. Padahal kalau DPRD tidak terpancing emosinya, kisruh tidak terjadi. Jika anggota DPRD tetap fokus pada substansi masalah, kemungkinan masalahnya tidak semakin ruwet seperti sekarang ini,” ujarnya.

Peristiwa itu, kata Andar terlihat jelas kepanikan yang sedang menyergap DPRD. Kepanikan ini justru jadi bumerang. Alih-alih ingin menuding Ahok melanggar sisi etika, publik malah menuding DPRD melakukan tindakan sarkastik.

“Jadi sekarang pendekatan hukum harus dilibatkan. Yakni KPK dan kejagung segera tindak lanjuti laporan dana siluman itu. Pendekatan hukum dalam hal ini bisa lebih ampuh atasi polemik ini daripada pendekatan politik atau etik,” ujarnya.

(rvk/dnu/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*