Lanjutan Pelebaran Jalan Sudirman Dimulai, Target 2015 Ini Tuntas

Jalan Sudirman Payakumbuh yang tengah diperlebar.

Jalan Sudirman Payakumbuh yang tengah diperlebar.

Jalan Sudirman Payakumbuh yang tengah diperlebar.

Jalan Sudirman Payakumbuh yang tengah diperlebar.

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Pemerintah Kota Payakumbuh mentargetkan pelebaran Jalan Sudirman Payakumbuh, di Kecamatan Payakumbuh Utara, tuntas tahun 2015 ini. Tahun 2014, pelebaran jalan protokol itu baru mencapai 0,9 Km dari Simpang Kaning Bukik sampai ke Kelurahan Muaro. Tahun ini, lanjutan pelebaran jalan tersebut dari Muaro sampai ke Simpang Benteng di Kelurahan Koto Baru Balai Janggo.

Kepala Dinas PU Payakumbuh Marta Minanda, ST, MT, didampingi Kabid Bina Marga H. Zul Arman, ST, di Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, menginformasikan, Kamis (7/5), tahun ini nilai kontrak lanjutan pelebaran kedua jalur Jalan Sudirman sepanjang lebih kurang 3 Km, sebesar Rp 7.535.000.000. Dikerjakan rekanan pelaksana PT Farota Payakumbuh. Sementara itu, nilai kontrak pelebaran jalan yang sama pada tahun lalu, Rp3.889.000.000.

Pelebaran Jalan Sudirman pada kedua sisi bervariasi, antara 1 sampai 1,5 meter. Sehingga lebar badan jalan pada kedua jalur menjadi 7,5 sampai 8 meter, dari kondisi sebelumnya rata-rata 6 meter. Pada kedua jalur jalan, juga dibangun trotoar dengan permukaan keramik dan di bawah trotoar dilengkapi dengan saluran drainase.

Pelebaran badan Jalan Sudirman Payakumbuh, bagian dari kegiatan yang cukup strategis dilakukan pemko tahun ini. Sementara itu, ganti kerugian tanah sesuai dengan harga yang wajar, sudah dilakukan pemko dua tahun anggaran 2013 dan 2014.

Harapan warga setempat, pelebaran jalan dimaksud tuntas sebelum lebaran mendatang. Sehingga, tamu-tamu atau perantau yang pulang kampung tidak mengalami kemacetan ketika melewati jalan tersebut, ucap Iswandi, warga Kelurahan Balai Gadang, Payakumbuh Utara.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas