Lantik Bamus Nagari Taeh Bukik, Alis Marajo: Bamus Identik DPD

Bupati Alis Marajo salami anggota Bamus Nagari Taeh Bukik yang baru.

Bupati Alis Marajo salami anggota Bamus Nagari Taeh Bukik yang baru.

Limapuluh Kota, PADANGTODAY.com-Badan Musyawarah (Bamus) Nagari Taeh Bukik Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Lima Puluh Kota diambil sumpahnya. Pengambilan sumpah itu dilakukan dalam rapat paripurna Bamus nagari setempat di gedung SDN 01 Taeh Baruah, Rabu (11/2).

Bupati Lima Puluh Kota Alis Marajo dalam sambutannya mengatakan, Bamus identik dengan Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Selain beranggotakan utusan dari organisasi niniak mamak, bundo kanduang, pemuda pelajar nagari, cadiak pandai dan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Bamus juga terdiri dari utusan dari jorong-jorong yang ada di nagari.

“Bamus dipilih dari unsur-unsur fungsional kemasyarakatan. Selain itu, Bamus juga merupakan waik kil atau DPR-nya nagari yang lebih identik dengan DPD. Sebab, sebagian anggotanya merupakan utusan jorong-jorong yang merupakan wilayah pemerintahan terbawah di nagari,” ujar Bupati.

Sebelumnya, lanjut Bupati, Bamus dianggap sebagai wakil dari jorong-jorong. Sekarang, Bamus adalah wakil orsinamas dan wakil dari wilayah teritorial pemerintahan nagari. Ini perlu dipahami merujuk pada Perda Kabupaten Lima Puluh Kota Nomor 2 tahun 2012.

Bamus ke depan diharapkan dapat memaksimalkan fungsi pemerintahan nagari, dan benar-benar bisa menjadi mitra yang baik bagi wali nagari dalam mewujudkan pembangunan nagari. Apalagi kini disebut-sebut setiap nagari bakal mendapatkan alokasi dana melalui APBD sebesar Rp1 milyar.

“Dengan alokasi anggaran yang besar itu, tentunya Bamus harus bisa membuat aturan pelaksanaan pembangunan di nagarinya dengan mengacu kepada kebijakan daerah. Tak kalah pentingnya, kita meminta Bamus mampu bekerjasama dan bersinergi dengan wali nagari,” ujar Bupati.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas