LANUD DUKUNG SWASEMBADA PANGAN, SIAPKAN LAHAN TANAM JAGUNG

Padang-today.com – Komandan Pangkalan Angkatan Udara (Danlaud) Sultan Sjahrir Padang Kolonel Pnb Eko Sujatmiko mendukung program Kementerian Pertanian untuk menanam jagung dilahan milik TNI-AU.

“Pihak sudah menyiapkan lahan untuk dilakukan penanam jagung,”kata Danlanud Sutan Sjahrir Padang Kolonel Pnb Eko Sujatmiko di Padang.

Ia menjelaskan, dalam waktu dekat Lanud akan melakukan penanaman jagung di daerah Payakumbuh dengan luas 32,5 Hektar.

“Lahan sudah disiapkan sebanyak 32,5 hektar untuk ditanam jagung di daerah Payakumbuh,”ungkapnya.

Sedangkan untuk di Padang, lanjut Eko juga ada lahan kosong bisa di tanam jagung. Luas lahan ada sekitar 200 hektar.Tidak semua lahan bisa ditanami karena ada fasilatas umum. Pihak siapkan sekitar 100 hektar. “Ada beberapa lahan sudah ditanami jagung di Padang, selain nantinya ditanam jagung juga akan ditanami kacang kedele, cabe,”jelas Eko.

Ia menyatakan, dalam melakukan penanaman jagung di dua daerah Sumbar nantinya melibatkan seluruh prajurit TNI-AU.

“Disamping itu akan kerjasama dengan Dinas Pertanian, serta pihak terkait dalam melakukan penanam jagung,”katanya.

Ia menjelaskan,Lanud tahun 2018 akan menargetkan sebanyak 200 hektar lahan di dua daerah di Sumbar
mudah-mudahan target tercapai.

“Nantinya hasil panen jagung tersebut langsung ditampung oleh Dinas Pertanian, jadi tidak ada keraguan lagi dalam pemanfaatan lahan untuk menanam jagung,”katanya.

TNI-AU membantu sukseskan program pemerintah khusus dalam sektor pertanian terutama jagung untuk swasembada pangan di Indonesia.

“Kebutuhan jagung di Indonesia jangan sampai di impor, padahal lahan banyak yang kosong inilah harus dilakukan dengan cara melakukan penanam jagung dilahan tidak digarap,”ungkap Eko Sujatmiko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*