Lapau di Talago Sariak Kota Pariaman Punya Jamaah Palanta Lapau

Padang-today.com___Usai apel akbar didikan subuh, Walikota Pariaman Genius Umar didampingi Wawako Mardison Mahyuddin dan Kakenmenag Kota Pariaman Muhammad Nur mengunjungi Jamaah Palanta Lapau yang berada di Desa Talago Sariak Kec. Pariaman Timur Kota Pariaman, Minggu (25/11) pagi.

Kunjungan secara mendadak tersebut juga di ikuti oleh Anggota DPRD Provinsi Sumbar Zalman Zaunit, Kepala BAPPEDA Kota Pariaman Fadhli yang langsung berbaur menikmati minuman Teh Talua (Teh Telor) dan sarapan pagi diwarung tersebut

Wako Genius Pariaman memberikan apresiasi yang positif terhadap keberadaan Lapau ini, karena disamping sebagai tempat berkumpulnya orang laki-laki di Pariaman, juga diharapkan mampu sebagai tempat diskusi keagamaan dan upaya partisipasif dalam memerangi berita hoax/palsu.

Tak hanya itu, Wako Genius Umar pun sampaikan tidak hanya diskusi saja, namun para jamaah ciloteh lapau ini ia harapkan untuk mampu mengaplikasikan dari hasil positif kegiatan tersebut untuk diterapkan di lingkungan keluarga masing-masing walaupun kegiatan ciloteh lapau ini digelar dalam satu minggu sekali.

” Karena, peran ayah-ayah sebagai kepala keluarga sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak dalam sebuah keluarga, maka tunjukan dan ajarkanlah hal-hal positif untuk menjaga dan mengatur setiap anak dalam keluarga agar selalu patuh kepada orang tua, taat dengan agamanya dan bersikap ramah, santun terhadap lingkungannya, ” himbau Genius

Terkhusus bagi bapak-bapak milenial yang sudah mengenal dan memakai internet seperti facebook di handphonenya, Wako himbau untuk menyebarkan berita-berita yang menuai kebaikan dan motivasi sehingga menjadi pengaruh positif bagi orang lain.

” Contohnya, bagaimana cara bertani yang baik, cara beternak dan lain sebagainya yang mungkin bisa membantu antar sesama pengguna internet dan media sosial untuk mendapatkan informasi yang mampu meningkatkan usaha ekonomi,” singkat Genius.

Wako harapkan, kedepan akan banyak lapau-lapau di Kota Pariaman yang bisa melakukan seperti yang dilakukan di Desa Talago Sariak ini, tidak hanya masalah agama namun juga dapat menjadi tempat diskusi adat karena sekarang ini para generasi muda mulai kurang memahami adat dan peradatan yang ada di Pariaman dan Minangkabau.

Dalam kesempatan itu, tak lupa juga tambahan tausiah agama yang disampaikan Kakenmenag Kota Pariaman Muhammad Nur yang mengambil judul yang sama dengan arahan Wako Pariaman yakni “Ayah-ayah Talunjuak” (Bapak-bapak telunjuk).

” Dimana, saat ini banyak Ayah-ayah Talunjuak (Bapak-bapak telunjuk) yang rata-rata lalai terhadap tanggung jawabnya sebagai ayah dan mengabaikan anak-anaknya,” sambung Muhammad Nur.

Untuk itu, sesuai dengan harapan Wako Genius umumnya Pemko Pariaman, Kakenmenag ajak seluruh ayah-ayah yang ada di Kota Pariaman untuk tetap membina dan mengajarkan anak-anak mereka akan nilai-nilai keagamaan, karena nilai ini menjadi faktor fundamental dalam kehidupan bermasyarakat dan jangan lagi mengabaikan anak dan keluarga.(suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas