Launching PBB-PP Online, Padang Panjang Pertama di Sumbar

Padang Panjang, TODAY—Komitmen menjalankan good governance, Pemerintah Kota (Pemko) Padang panjang satu-satunya daerah di Sumbar yang pertama launching pembayaran secara online Pajak Bumi Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) di Aula Lantai II Balaikota setempat, Selasa (28/7).

Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran Dt Paduko Malano pada kesempatan itu menyebut Kota Padang Panjang sebagai kota pertama di Sumatera Barat yang launching PBB-PP Online itu, merupakan salah satu komitmen dari visi misi dalam memberantas korupsi. Penerapan PBB-P2 Online tersebut dikatakannya akan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam membayar pajak.

“Kami sangat beruntung sekali, menjadi yang pertama launching bayar pajak secara online. Tentunya ini semua untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melunasi pajak yang merupakan kewajiban mereka, yang akan menentukan keberhasilan dari pembangunan kota,” ucap Wako Fadly.

Sesuai tagline-nya “Bayar Pajak Semudah Pesan GoFood”, PBB-P2 Online ini merupakan bentuk kerjasama Pemko Padangpanjang bersama Bank Nagari dan Gojek untuk memudahkan masyarakat dalam membayar pajak tanpa harus mengantri di loket pembayaran.

Turut hadir menyaksikan Direktur Utama Bank Nagari yang diwakili Pimpinan Divisi Dana dan Treasury Hendra Faizal, SE, MM, CPN, Pimpinan Divisi Technology dan Digitalisasi Roni Edrian, Branch Manager Gojek Padang Septian Dwijayanto, Sekretaris Daerah Sonny Budaya Putra, AP, M.Si, Pimpinan Bank Nagari Cabang Padangpanjang Zulhendri, Kepala OPD serta undangan lainnya.

Pimpinan Divisi Dana dan Treasury Bank Nagari, Hendra Faizal mengatakan bahwa di tengah masa pandemi ini, aktivitas yang menggunakan digitalisasi menjadi utama bagi masyarakat dalam mengakses suatu kebutuhan.

Hal itu dapat dirasakan dengan banyaknya pelayanan yang berbasis digital maupun online, semua layanan dapat diakses dari rumah tanpa harus keluar. Salah satunya dengan pembayaran pajak yang dapat dilakukan secara online, hal ini dilakukan untuk memberikan pelayanan yang mudah untuk masyarakat tanpa harus mengantri di loket pembayaran maupun ke bank nagari.

“Masyarakat bisa membayar dari mobile banking, juga bisa membayar melalui aplikasi gojek melalui layanan gobills,” ujar Hendra.

Pada kesempatan yang sama, Brand Manager Gojek Septian Dwijayanto menjelaskan sedikit tentang layanan yang ada di aplikasi gojek. Berangkat dari keterbatasan ruang gerak masyarakat di tengah macetnya ibu kota Jakarta, setelah 10 tahun terus mengembangkan aplikasi hingga penggunaan pembayaran pajak melalui gobills.

“Jika 10 tahun silam aplikasi Gojek menjawab kesulitan warga Jakarta melalui GoRide, di tengah pandemi ini semua terus dikembangkan untuk membantu masyarakat terhindar dari kerumunan dalam memenuhi kebutuhannya,” beber Septian.

Sementara Kepala BPKD Kota Padangpanjang, Dr. Winarno, SE, ME menjelaskan kerjasama yang dilakukan dengan pembayaran pajak secara online guna memberikan kemudahan masyarakat serta ketaatan dalam membayar pajak.

“Pasca launching sistem PBB P2 online ini, semestinya akan berdampak tren meningkat dalam pendapatan daerah. Hal ini tentunya jika diiringi kesadaran masyarakat untuk membayar kewajiban dalam hal pajak, yang sudah dapat dilakukan dengan mudah melalui handphone,” sebut Winarno usai mengikuti ppenyerahan Dana CSR Bank Nagari untuk Pemko Padangpanjang seniali Rp100 juta. (Adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas