Layanan Polri Sering Dapat Kasus Kehilangan dan Kecelakaan

Call center.

Call center.

Advertisements

Jakarta, PADANGTODAY.COM-Baru dua kali nada sambung berbunyi, suara seorang perempuan sudah terdengar dari telepon. Dengan nada ramah, perempuan itu berujar melalui telepon.

“Layanan Polri, dengan Nia, ada yang bisa kami bantu?” ujar perempuan itu, Senin (6/4/2015).

Itulah kata-kata yang secara standar didengar saat menghubungi nomor call center Polri 110. Call center tersebut merupakan layanan bebas pulsa yang disediakan Polri untuk mengakomodasi laporan-laporan dari masyarakat.

Nia menjelaskan, laporan-laporan yang kerap dilontarkan masyarakat melalui layanan tersebut adalah seputar kasus kehilangan dan kecelakaan. Selanjutnya, laporan akan diteruskan ke kepolisian sektor (polsek) atau kepolisian resor (polres) sesuai dengan domisili pelapor.

“Kalau kasus kecelakaan, polisi akan langsung mendatangi tempat kejadian, sedangkan kalau kasus kehilangan, pelapor diwajibkan mendatangi polsek atau polres sesuai dengan domisili untuk melanjutkan laporan,” tutur pegawai yang mengaku bukan berasal dari kepolisian ini.

Nia mengungkapkan, layanan call center tersedia untuk seluruh Indonesia. Saat menghubungi nomor 110 dari telepon atau ponsel, pelapor akan tersambung dengan operator yang bertempat di Mal City Walk, Jakarta. Laporan akan diteruskan dan ditindaklanjuti oleh petugas kepolisian setempat.

Meskipun terkesan baik dan cepat, layanan tersebut ternyata tidak lagi banyak digunakan. Kepala Biro Operasional Polda Metro Jaya Komisaris Besar Daniel Pasaribu mengatakan, akhir-akhir ini call center tersebut jarang berdering.

“Call center 110 masih aktif, meskipun jarang digunakan masyarakat,” ujar Daniel. Dia menilai, call center 110 tidak terlalu aktif digunakan lantaran belum terintegrasinya layanan tersebut dengan semua kepolisian daerah (polda) di Indonesia. Karena itu, layanan tersebut masih belum optimal. Polda Metro Jaya sebenarnya memiliki call center yang melayani masyarakat yang berada di wilayah hukumnya.

Layanan tersebut disediakan oleh Traffic Management Center (TMC) Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melalui SMS ke 1717 dan telepon 021-52960770 atau faksimile melalui 021-5275090. Laporan juga bisa disampaikan lewat akun Twitter @TMCPoldaMetro.

(uk/mms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*