Doni Djambak, Berbagi Kasih di Idul Adha

Padang-today.com – Ditengah wabah pandemi covid-19 bagi koordinator Donatur Musha Nurul Ikhlas di Jakarta tidak menyurutkan perayaan Idul Adha Hijriah tahun ini di Korong Lampanjang, Kenagarian Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau, Padang Pariaman, Sumbar dalam berbagi.

Menurutnya, perayaan kali ini dapat dimaknai sebagai momentum untuk sekaligus melakukan ibadah sosial dengan berbagai kasih melalui berkurban bagi mereka yang membutuhkan.

“Idul Adha ini kan hari raya kurban, ini ibadah sosial, dari sisi rasa kasih sayang dari yang ada kepada yang kurang ada sifatnya merata,” kata koordinator donatur Mushala Nurul Ikhlas Doni Djambak Sabtu (1/8) di Lampanjang, Sungai Limau.

Ia menjelaskan, untuk tahun ini pihaknya merobah paradigma lama ke paradigama baru dalam sisitem pembagian hewan korban.

Sebelumnya, pada tahun tahun lalu pembagian di utamakan kepada orang yang ikut korban dan untuk sipemotong hewan itu. Artinya, pemotongan sebelumnya mewarnai kecemburuan pada warga.

Nah, untuk tahun ini pihaknya dari pengurus merobah paradigma lama itu dengan cara mebagi hewan korban secara merata.

“Panitia yang bekerja biasanya sering menyisihkan hewan korban yang membuat kecemburuan warga. Maka tahun ini kita robah cara pembagian itu dengan kemerataan,” kata Doni.

Doni Djambak, yang juga selaku Wakil Sekretaris Djendral Ikatan Alumni Pelajar Sungai Limau (IKAPS) terlihat tersenyum, saat ia menbagi-bagikan kantong berisi daging korban kepada masyarakat di korong itu.

Dihadapannya berdiri para warga yang antre untuk mendapatkan pembagian daging kurban. Satu per satu, ia membagikan kantong daging yang ada ditangannya.

Doni Djambak mengatakan bahwa kegiatan itu merupakan pengalamanan tahunan baginya membagikan daging kurban pada masyarakat secara langsung.

” Ini kita lakukan setiap tahun. Untuk tahun ini korban sapi sebayak 2 ekor, saya senang bisa berbagi dengan sesama,” kata dia.

Ia berharap, dengan momentum Idul Adha ini seluruh anggota IKAPS hendaknya dapat berbagi dalam moment seperti ini.

Seluruh jajaran dan panitia yang bekerja dalam moment perayaan Idul Adha ini, ia ucapkan terimakasih atas kerjasama yang terjalin selama ini.

Perayaan kali ini, dihadiri oleh niniak mamak dan tokoh masyrakat setempat. (SugeR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas