Lebih Separuh Siswa Masuk PIP, Kepala SMAN 5: PIP Luar Biasa

Kepala SMAN 5 Payakumbuh Resnulius

Kepala SMAN 5 Payakumbuh Resnulius

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Tercatat sebanyak 172 siswa SMAN 5 Payakumbuh, terdaftar sebagai peserta Program Indonesia Pintar (PIP) dari Pemerintah Pusat. Dari PIP itu, ke-172 anak tersebut mendapatkan bantuan berupa biaya pendidikan selama 1 tahun penuh.

“Dari 346 siswa, 172 di antaranya terdaftar sebagai peserta Program Indonesia Pintar. Siswa-siswa ini,  dari keluarga kurang mampu,” ucap Kepala SMAN 5 Payakumbuh Resnulius, Rabu (31/8) kemarin.

Melalui Program Indonesia Pintar itu, ke-172 siswa  mendapatkan pegangan berupa Kartu Indonesia Pintar.

“Program PIP luar biasa, karena ini akan berkelanjutan terhadap pendidikan anak hingga perguruan tinggi. Seperti penyambung ke perguruan tinggi melalui program bidik misi,” ucap Kepala Sekolah senior di Kota Payakumbuh itu.

Ke-172 siswa yang terdaftar PIP, tambah mantan Kepala SMAN 3 Payakumbuh dan SMAN 1 Payakumbuh itu, merupakan benar-benar dari keluarga kurang mampu.

“Dibuktikan dengan adanya surat kurang mampu yang dikeluarkan oleh masing-masing lurah dan wali nagari tempat anak berdomisili. Artinya, mereka yang terdaftar PIP ini, tepat sasaran,” kata tokoh pemekar Kecamatan Lamposi tersebut.

Resnulius mengatakan, setidaknya, satu siswa akan mendapatkan biaya pendidikan sebesar 1 juta rupiah yang disalurkan langsung dari Kementerian Pendidikan ke rekening anak yang bersangkutan.

“Sekolah cuma merekomendasikan siapa yang dapat. Untuk pencairan dana, disalurkan langsung oleh Kementerian Pendidikan ke rekening anak,” ucapnya.

Resnulius mengharapkan dengan adanya PIP tersebut, setidaknya mampu membantu biaya pendidikan anak-anak kurang mampu. Seperti untuk perlengkapan sekolah hingga biaya pendidikan lainnya.

“Mudah-mudahan bermanfaat,” harap Resnulius.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*