Lele Asap Hasil Karya Warga Binaan Lapas Bukittinggi Bakal Go Internasional

Padang-today.com – Kementerian Hukum dan HAM Sumbar menggelar ekspo produk atau hasil dari warga binaan dari lembaga pemasyaratan dan pelayanan publik.

"Seluruh Lapas dan Rutan di Sumbar menampilkan hasil karya warga binaan,"kata Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumbar, R Andika Dwi Prasetya di Padang.

Menurut dia,hasil karya warga binaan tidak kalah bersaing dengan produk yang dibuat masyarakat biasa. Ini langkah cukup bagus sefrta membuka peluang dalam memasarkan serta memperkenalkan produk hasil warga binaan, baik secara nasional maupun internasional.

"Hasil sudah menembus pasar di seluruh Sumbar bahkan luar Sumbar seperti ikan asap dibuat warga binaan Lapas Bukittinggi sudah menembus pasar luar Sumbar,"ucap dia.

Lapas Bukittinggi lagi penjakaan memasarkan produk hasil karya warga binaan untuk memasarkan ke negara mancanegara yakni Malaysia. "Kalapas Bukittinggi mempersiapkan hasil karya warga binaan agar produk tembus ke pasa mancanegara,"pungkas dia.

 Marten Kalapas Kelas IIA Bukittinggi menyebutkan, Lapas Kelas II.A Bukitinggi telah memproduksi lele asap ratusan ribu kilogram. Ini merupakan inovasi baru yang dilakukan Lapas Bukittinggi terhadap warga binaan.

"Saat ini ikan basahnya didatangkan dari luar daerah seperti Kota Padang, Lubuk Basung, Pariaman dan daerah lainnya. Disamping itu, Lapas Bukittinggi juga membudidayakan ikan lela, agar kebutuhan pasar terpenuhi,"kata dia


Lele asap produksi warga binaan Lapas Kelas II.A Bukittinggi sudah menembus pasar lokal, serta provinsi tetangga Sumbar, yakni Jambi, Pekanbaru. "Saat ini lagi dalam kajian untuk memasarkan ke mancanegara yakni Malaysia, di negara tersebut sudah ada konsumen,"jelas Marten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*