Lembaga Desa Koto Marapak Kecamatan Pariaman Timur Dapat Pelatihan

suasan Lembaga desa di Desa Koto Marapak Kec Pariaman Timur diberikan pelatihan komputer

Padang-today.com__Untuk kelancaran urusan administrasi di tiap lembaga yang ada di desanya , Yuhaldi Kepala Desa Koto Marapak Kecamatan Pariaman Timur memberikan Pelatihan Computer untuk BPD,LPM,Karang Taruna,PKK,Kader Pos Yandu dan juga staff Desa Koto Marapak.

Pelatihan digelar selama tiga hari berturut-turut yang di buka dari tanggal 3 sampai dengan 5 Oktober 2018. Bertempat di aula kantor desa sebanyak lebih kurang 30 orang peserta mengikuti pelatihan ini dengan antusias sekali.

“Dan untuk tenaga pengajar sendiri ada dua orang , lulusan dari UPI YPTK Kota Padang dan STIE Kota Pariaman. Mereka adalah instruktur yang memang betul-betul ahli dan mampu di bidangnya yang bisa membimbing peserta pelatihan ini dengan baik,” kata Kepala Desa Koto Marapak Kecamatan Pariaman Timur, Yuhaldi pada saat ditemui wartawan di Pariaman.

Yuhaldi mengatakan tujuan diadakannya pelatihan ini karena dasarnya datang dari masyarakat sendiri melalui musrembang dusun dan di lanjutkan ke musrembang desa sebagai salah satu program yang bisa di laksanakan dengan memakai dana desa.

“Sekarang saya melihat setiap urusan yang ada di desa atau instansi lainnya sudah berbasiskan computer, jadi kenapa tidak kegiatan ini diadakan untuk mereka guna menambah ilmu dan juga kepandaian mereka dalam mengoperasikan komputer”, terangnya.

Pelatihan ini, jelasnya, di adakan selama satu hari penuh selama tiga hari di mulai pukul 09.00 wib dan selesai pukul 16.00 wib. Pagi peserta diberi snack dan siangnya di beri nasi bungkus dan setelah selesai pelatihan mereka juga di berikan uang transportasi, semua itu di anggarkan dari dana desa yang ada. Sedangkan untuk perangkat komputer sendiri sebagian di bawa oleh peserta dan sebagian lagi di sediakan oleh tenaga pengajar.

Kedepan Yuhaldi berharap semoga pelatihan yang diberikan ini bisa bermanfaat untuk peserta. Dan nantinya mereka juga bisa berbagi ilmuyang mereka dapatkan ini dengan masyarakat yang lainnya yang ingin belajar dengan mereka.

“Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini semua urusan administrasi yang ada di desa baik dalam kelembagaan desa nantinya masing-masing sudah bisa mandiri dalam pembuantan administtrasinya sendiri-sendiri”, ujarnya.

Rama sebagai instruktur mengatakan bahwa materi pelajaran yang diberikan kepada peserta adalah Microsoft Office Dasar yaitu Microsoft Word dan Excel. Dan untuk bonus sebagai tambahan peserta juga akan di ajarkan power point  dan Foto Shop.

Sementara itu Amril Surahman salah seorang peserta menyatakan sangat antusias sekali dengan pelatihan yang di berikan oleh desa ini. Karena dengan adanya pelatihan ini dia bisa kembali mengingat pelajaran yang pernah di dapat nya dahulu ketika masih duduk di bangku SLTA dahulu. Seandainya selesai dia juga ingin berbagi ilmu yang di dapatnya dengan peserta lainnya yang belum memahami dan mengerti untuk mengoperasikan komputer. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas