Lembaga Ketahanan Nasional Bergerak ke Beberapa Pesantren Untuk Cegah Paham Radikalisme

Lambang NKRI PANCASILA.

Lambang NKRI PANCASILA.

Advertisements

PADANGTODAY.COM-Lembaga Ketahanan Nasional akan bergerak ke beberapa pesantren di Jawa Tengah terkait dengan upaya pencegahan paham radikalisme. Kunjungan ke pesantren-pesantren ini merupakan bagian dari kajian internal yang dilakukan Lemhannas.

“Minggu depan kita akan bergerak ke bebrapa pesantren yang merupakan basis masyarakat tradisional yang mengerti bagaimana mereka merasa terpojokkan dengan paham-paham radikal itu,” kata Gubernur Lemhannas Budi Susilo Supandji di Jakarta, Senin (16/3/21015).

Hal ini dilakukan Lemhannas menyusul tertangkapnya 16 warga negara Indonesia di Turki saat akan menyeberang ke Suriah. Tiga dari 16 WNI itu adalah anggota keluarga terduga teroris Tulungagung yang ditembak Densus 88.

Belum diketahui tujuan WNI itu menyeberang ke Suriah namun muncul kekhawatiran jika mereka akan bergabung dengan Negara Islam Irak Suriah (ISIS).

Menurut Budi, isu terkait ISIS penting diwaspadai dalam menjaga ketahanan nasional. Lemhannas, kata dia, akan fokus pada pembinaan jati diri bangsa sehingga masyarakat bisa terbina rasa kebangsaannya.

“Agar anak bangsa ini baik secara infrastruktur politik, substruktur politik mengenai rasa kebangsaan dan mengupayakan kebudayaan pancasila dalam kehidupan sehari hari, menjadi penting,” ucap dia.

Dalam kunjungannya ke pesantren-pesantren nanti, menurut Budi, Lemhannas akan berdiskusi dengan pihak pesantren. Di samping itu, lanjut dia, Lemhannas akan mengundang beberapa tokoh masyarakat untuk memberikan masukan mengenai paham radikalisme. Lemhannas juga akan mengundang badan-badan non kementerian yang membidangi ketenagakerjaan untuk berdiskusi.

“Badan non kementerian yang berikan masukan bagaimana tenaga kerja yang dikirim ke beberapa daerah di luar negeri yang setelah pulang ada yang mbawa paham tertentu, dan bagaimana peran Kementerian Luar Negeri terkait itu,” sambung Budi.

Mengenai pesantren mana yang akan dikunjungi, Budi mengatakan bahwa Lemhannas akan menyambangi belasan pesantren di Jawa Tengah. “Saya tidak hafal, itu Deputi Pemantapan Nilai Bangsa,” kata dia.

(ir/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*