Lengkap, Logistik Pemilu Masih Dalam Proses Packaging

Padangpanjang—Sebanyak 39.461 surat suara beserta kelengkapan Pemilihan Umum (Pemilu) lainnya, masih dalam proses packaging di gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga Sabtu (13/4).

Ketua KPU Kota Padangpanjang, Octa Novisyah mengatakan rangkaian penyiapan logistik Pemilu di antaranya berupa surat suara, kota suara dan sejumlah form sudah dilakukan secara marathon sejak beberapa pekan belakangan.

Hingga saat ini dikatakan Octa, proses packaging yang dilakukan pihak sekretariat dan tenaga rekruitmen dari masyarakat diperkirakan masih pada angka 60 persen. Packaging selain sesuai dengan peruntukan pada 5 kotak surat suara, juga melingkup proses penyortiran dan pelipatan surat suara.

“Kami telah melakukan penyortiran, pelipatan hingga packaging logistik sesuai dengan kategori pemilihan Pilpres, DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kota sudah dimulai sejak jauh-jauh hari. Hingga saat ini yang sudah dikemas dan dimasukan ke kotak surat suara, baru berkisar 60 persen,” ungkap Octa.

Pada kesempatan itu Octa juga menyebutkan, kelengkapan logistik sesuai kebutuhan Pemilu di Kota Padangpanjang terkahir diterima pihak KPU sekira pukul 21.30 WIB melaui cargo di Bandara BIM. Logistik yang merupakan pangganti surat suara rusak itu, sampai di gudang KPU sekira pukul 01.30 WIB dini hari.

“Seluruh komponen logistik kebutuhan Pemilu di Padangpanjang sudah kita terima terkahir tadi malam. Insya Allah, dua tim yang bertugas melakukan proses packaging bisa menyelesaikannya paling lambat H-2 pencoblosan,” tuturnya.

Sementara terkait dengan pendistribusian surat suara, Octa menyebut akan dilakukan H-1 pencoblosan. “Pendistribusian akan dilakukan H-1 ke kelurahan dengan pengawalan ketat dari pihak kepolisian,” pungkas Octa. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas