Lewat Lomba dan Workshop Puisi, Bupati Irfendi Harapkan Tercapainya Kecerdasan Bangsa

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi memasangkan tanda pada peserta Lomba dan Workshop Penulisan dan Baca Puisi Tingkat SMA se-Kabupaten Limapuluh Kota.

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi memasangkan tanda pada peserta Lomba dan Workshop Penulisan dan Baca Puisi Tingkat SMA se-Kabupaten Limapuluh Kota.

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Beberapa medium dalam menumbuhkembangkan kegemaran membaca melalui berbagai bacaan dan media dapat dilakukan. Salah satunya adalah melalui puisi. Puisi menjadi salah satu bentuk karya sastra dalam melatih diri menghasilkan tulisan yang sangat bagus. Selain melatih diri terbiasa dalam penulisan yang teratur, puisi juga merupakan curahan isi hati seseorang yang membawa orang lain ke dalam keadaan hatinya.

Begitu yang dikatakan Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi saat membuka acara lomba Penulisan dan Baca Puisi Tingkat SMA se-Kabupaten Limapuluh Kota, baru-baru ini.

“Untuk menjadi masyarakat yang maju, salah satu kuncinya adalah kita harus melakukan kegiatan positif, karena dengan begitu kemajuan yang kita harapkan akan terwujud dengan sendirinya,” ungkap Bupati Irfendi.

Karya sastra, sambung Bupati, dapat memperluas wawasan, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa. Selain itu, diharapkan juga masyarakat dapat mengenal karya penyair-penyair Indonesia khusus dari Kabupaten Limapuluh Kota.

“Kita berupaya supaya Chairul Anwar mendapatkan gelar pahlawan, ini penting dalam kebangkitan dunia sastra Indonesia,” harap Bupati.

Ia juga menerangkan tentang media puisi adalah bahasa. Tataran bahasa adalah hubungan tanda dengan makna, maka puisi harus bermakna, baik makna tiap kata, baris, bait, maupun makna keseluruhan.

Serangkaian kegiatan Lomba beserta Workshop Penulisan dan Baca Puisi tingkat SMA itu diikuti oleh 40 orang peserta. Kepesertaan itu terdiri dari 20 sekolah se-tingkat SMA, masing-masing mengutus 2 orang siswanya.

“Narasumber dalam workshop sendiri berasal dari Kota Payakumbuh Yut Fitra. Di dalamnya disampaikan materi tentang cara penulisan puisi yang baik, serta bagaimana cara membaca puisi,” kata Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Zaiful April yang dibacakan Sadarman, SH.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas