LHT Dilahap Sijago Merah

 

Advertisements
Petugas Damkar Kota Padangpanjang ketika memadankan api di ruko yang terbakar Jum'at dinihari.

Petugas Damkar Kota Padangpanjang ketika memadankan api di ruko yang terbakar Jum’at dinihari.

PADANGPANJANG,PADANGTODAY.COM -Keheningan suasana malam di Kota Padangpanjang, dikagetkan oleh peristiwa kebakaran di Jalan Anas Karim kawasan Kampung Cino Kelurahan Pasar Usang Kecamatan Padangpanjang Barat, Jumat (6/2) dini hari sekitar pukul 02.30 WIB.

Api yang berasal dari salah satu ruko LHT yang berjualan barang kelontong tersebut, kemudian menjalar ke ruko tempat berjualan Mieso Amin, baru diketahui setelah api membumbung besar dan gumpalan asap, yang berasal dari bagian belakang ruko.

“Api baru bisa dipadamkan sekitar setengah jam kemudian oleh anggota Damkar dan dibantu oleh masyarakat,” kata salah seorang anggota Damkar Romi di lokasi kebakaran, Jumat dini hari.

Beruntung api cepat dipadamkan, sehingga Ruko dan rumah yang sudah dijilati api tersebut tidak hangus terbakar keseluruhannya.
Kepala UPTD Pemadam Kebakaran Kota Padangpanjang Kasimin menyebutkan, dalam memadamkan api yang sudah mulai mejilati dua ruko dan satu rumah di samping ruko tersebut, Damkar menurunkan tiga unit mobil pemadam kebakaran.

“Selama proses pamadaman, anggota Damkar dan masyarakat bahu membahu berusaha memadamkan api yang sudah menghanguskan isi dari ruko tersebut,” kata Kasimin.

Disampaikannya, meski tak mengalami kendala yang berarti bagi anggota Damkar dalam menjinakkan api, namun peristiwa tersebut sempat menjadi tontonan ratusan warga Padangpanjang, karena berada di permukiman padat.

Kejadian yang menyita perhatian masyarakat tersebut tidak menelan korban jiwa, karena pemilik ruko sudah terlebih dahulu menyelamatkan diri.
Masyarakat Kota Padangpanjang, Khairatun yang berada di lokasi kejadian menyebutkan, kejadian itu berlangsung ketika kota yang berjuluk Serambi Mekah itu diguyur hujan.

“Meski cuaca hujan, api tetap berkobar, beruntung Damkar datang tepat pada waktunya, sehingga api bisa dipadamkan setengah jam kemudian,” katanya.
Setelah api berhasil dipadamkan oleh Damkar Kota Padang Panjang, pihak kepolisian langsung memasang pembatas “Police Line” di lokasi kejadian.
Hingga kini pihak kepolisian masih menyelidiki kepastian penyebab kebakaran tersebut. Peristiwa naas yang berada di permukiman warga keturunan tersebut diperkirakan menelan kerugian puluhan juta.(nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*