LHV Sudah Lengkap, Dua Kapal Kembali Berlayar

Padang-today.com – Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan ( KSOP) Kelas II Teluk Bayur Letkol mar Agus Winartono menyatakan dua kapal bawa bijih besi sudah berangkat ke daerah tujuan yakni Sulawesi.

Advertisements

“Sebelum tertunda berangkat, namun pada Senen (15/3) kapal sudah berangkat dari Pelabuhan Teluk Bayur menuju daerah tujuan,”kata Agus Winartono di Padang.  

Menurut dia, kapal tersebut tertunda berangkat karena dokumen belum lengkap yakni dokumen bawa biji besi dari keluarkan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral.

“Shipper (pemilik barang) sudah memberikan Laporan Hasil Verifikasi dari Kementerian ESDM, jadi kapal tersebut sudah bisa berlayar,”ucap dia.

Untuk dokumen kapal seperti surat izin berlayar dan lainnya sudah ada, yang terkendala waktu hanya soal Laporan Hasil Verifikasi (LHV) dari Kementerian ESDM belum keluar jadi ini diurus pemilik barang.

“Dari keterangan pemilik barang kendala di masalah jaringan ketika input data LHV di Kementerian ESDM”,ujar Agus.

Agus merasa heran kenapa sekarang pemilik barang dokumennya tidak lengkap sehingga pengiriman barang tertunda dalam pengiriman.

“Padahal sudah beberapa kali mengirimkan barang yang sama yakni bijih besi, sekarang ini dokumennya tidak lengkap,”imbuh dia.

Sementara itu disisi lain Ribut Heru Santoso Humas Pelindo Teluk Bayur ketika dihubungi media membenarkan dua kapal bawa bijih besi sudah kembali berlayar.

“Untuk 2 kapal muatan bijih besi yang tertahan di area labuh, sesuai info agent semalam (Senen,15/3) sudah berangkat. Infonya baru saya terima dari teman-teman operasional. Jadi sudah aman, kapal sudah berlayar daerah tujuan,”sebut dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*