Lihat Kesiapan Pemilu, Kedubes Australia Kunjungi KPU Sumbar

   Padang-today.com – Dua orang staf Kedutaan Besar Australia bidang politik di Jakarta kunjungi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar untuk melihat kesiapan penyelenggaraan dalam pelaksanaan Pemilu 2019.

   Mereka datang yakni Amy Keough
Sekretaris Bidang Politik Kedutaan Besar Australia di Jakarta, serta satu orang staf yakni Rifa Fatharani. Kehadiran staf kedubes Australia bidang politik itu disambut langsung Ketua KPU Sumbar Amnasmen bersama Sekretaris KPU Firman, Kabag Hukum, Teknis dan Hupmas Agus Catur Rianto dan sejumlah staf lainnya di ruang kerja Ketua KPU Sumbar tersebut.

    Amnasmen menjelaskan kehadiran
Amy Keough merupakan kali pertama kali di Sumatera, dan daerah yang lebih dulu dikunjunginya adalah KPU Sumbar.

     “Alasan Amy mengunjungi KPU Sumbar bisa jadi karena Sumbar dinilai cukup sukses menyelenggarkan pemilu sebelumnya,” jelas pungkas dia.

    Amnasmen dalam pertemuan tersebut menyatakan kehadiran staf kedubes Australia itu diantaranya untuk melihat kesiapan KPU Sumbar untuk pelaksanaan pemilu 2019 nanti.

   “Juga Amy menanyakan kesiapan logistik pemilu, kemudian soal kondisi geografis daerah terpencil di Sumbar dan bagaimana KPU mengakses daerah tersebut hingga berbagai persoalan lainnya,” kata dia.

   Staf kedubesan Australia ini juga menanyakan bagaimana sikap KPU Sumbar merespon perkembangan politik nasional yang kini berkembang. Misalnya soal perdebatan kotak suara dari kardus hingga persoalan berita hoaks soal tujuh kontainer surat suara yang sudah dicoblos terjadi di Jakarta.

    “Atas beberapa pertanyaan dilontarkan Amy Keough itu kami terangkan sejelas-jelasnya termasuk bagaimana Sumbar. Dan tampaknya sama penjelasan yang kami sampaikan itu dengan kabar yang didapat Amy dari KPU-RI dimana berita tentang surat suara sudah dicoblos itu tidak benar adanya,”jelas Amnasmen.

     Amy Keough yang dimintai pendapatnya atas kunjungannya ke KPU Sumbar tampaknya enggan berkomentar. Alasannya dia tidak berkompeten memberikan keterangan.

    “Maaf ya, saya tidak bisa beri penjelasan terkait kehadiran saya ke KPU Sumbar. Yang bisa berikan penjelasan adalah juru bicara kedutaan kami di Jakarta,” ujarnya.(dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas