Lima Kecamatan dan Kelurahan Bersaing Pokja Sehat

INDRA ZAHUR.

INDRA ZAHUR.

Advertisements

PAYAKUMBUH, PADANGTODAY.com-Predikat Kota Sehat yang disandang Payakumbuh, membuat Forum Kota Sehat kota ini, terpacu mendorong kelompok kerja (Pokja) kecamatan dan kelurahan sehat, membenahi administrasi dan program kerjanya dibidang kesehatan. Untuk pertama kali, Forum Kota Sehat (FKS) Payakumbuh menggelar Lomba Pokja Kecamatan/Kelurahan Sehat 2014, yang penilaiannya dilakukan selama dua hari, Senin dan Selasa (20-21/10).

Ketua FKS Payakumbuh Indra Zahur Dt. Rajo Simarajo, di Balaikota Payakumbuh, menginformasikan, Selasa (21/10), seluruh pokja kecamatan di Payakumbuh menjadi sasaran penilaian. Begitu juga pokja kelurahan, masing-masing Pokja Kelurahan Tanjung Pauh (Payakumbuh Barat), Pokja Kelurahan Sicincin Mudik (Payakumbuh Timur), Pokja Kelurahan Padang Karambia (Payakumbuh Selatan), Pokja Kelurahan Balai Gurun (Payakumbuh Utara) dan Pokja Kelurahan Parik Muko Aia (Lamposi Tigo Nagori).

Tim penilai berasal dari unsur Forum Kota Sehat dan jajaran Dinas Kesehatan Payakumbuh. Penilaian meliputi administrasi, program kerja serta aplikasi program kecamatan. Khusus untuk pokja kelurahan, gambaran kepedulian masyarakat dalam membudayakan hidup sehat dan lingkungan bersih akan menjadi perhatian tim. Karena itu, lingkunga kelurahan dan tingkat kesehatan warga setempat akan dinilai tim, ungkapnya.

Lurah Tanjung Pauh, Kecamatan Payakumbuh Barat Bakhtaruddin, ketika dihubungi, membenarkan, kalau kelurahan yang dipimpinnya sudah dinilai tim. Menurutnya, budaya hidup bersih dan sehat di Tanjung Pauh, sudah cukup lumayan. Makanya, dalam menghadapi lomba ini tak ada persiapan khusus yang dilakukan masyarakat, karena sasarannya bukan mengejar gelar juara, tapi aplikasi kehidupan sehat ditengah masyarakat.(malin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*