Lima Nagari Komitmen Wujudkan Nagari Digital

Padang-today.com_Lima Nagari di daerah Padang Pariaman, Sumbar, berkomitmen untuk menjadikan nagari di daerah itu nagari digital. Komitmen dari kelima nagari tersebut mendapatkan manfaat postif dari Politeknik Negeri Padang, dalam membangun nagari digital.

Komiten itu tertuang dalam bentuk Memorandum of Agreement (MoU) atau perjanjian kerjasama dengan Politeknik Negeri Padang, Jumat (5/4) beberapa waktu lalu di Aula Kampus Politeknik Negeri Padang. Kelima nagari tersebut, Nagari Sungai Sariak, Nagari Pakandangan, Nagari Lubuk Alung, Nagari Sikucur dan Nagari Gasan Gadang.

Direktur Politeknik Negeri Padang, Surfa Yondri mengatakan, perjanjian kerjasama tersebut merupakan bentuk implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu melakukan pengabdian pada masyarakat.

Nagari digital itu nantinya akan mebuat dan mengembangkan website resmi nagari, sintem informasi nagari dan rumah dagang online nagari. Selain itu, website resmi nagari nantinya akan menampilkan profile nagari, struktur organisasi nagari dan lainya.

“ Sedangkan sistem informasi nagari memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan prima dari suatu nagari, seperti pelayanan birokrasi atau urusan surat menyurat dan pengurusan izin,” ujarnya.

Dalam hal rumah dagang online, ini merupakan wadah bagi nagari untuk memasarkan produk-produk yang berasal dari nagari itu sendiri. Dengan adanya rumah dagang online itu, pangsa pasar produk nagari akan terus bertambah dan tentunya akan meningkatkan perekonomian masyarakat di nagari itu.

Walingari Lubuk Alung, Hilman sebagai perwakilan dari nagari-nagari yang bekerjasama dengan PNP mengatakan ia bersama wali nagari lainya sangat butuh binaan dari pihak-pihak yang berkompeten terutama para akdemisi.

Dengan adanya binaan tersebut, ia merasakan betapa pentingnya kehadiran pihak kampus terutama Polteknik Negeri Padang di tengah-tengah masayrakat. Ia berharap kedepan nantinya tidak hanya 5 nagari ini saja yang dibina oleh Politeknik Negeri Padang. Namun, semua nagari yang ada di Kabupaten Padang dapat mengikuti langkah yang di lakukan oleh lima nagari tersebut.

Sementara itu, Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Politeknik Negeri Padang, Yuhefizar menambahkan, pihaknya telah membentuk tim untuk mensukseskan nagari digital ini. Setelah melakukan penandatangan perjanjian kerjasama, nagari-nagari tersebut akan diberikan pelatihan mengenal pengelolaan website nagari, sistem informasi nagari dan rumah dagang online agar tidak terjadai ketergantungan pihak nagari dengan PNP.

Hadir dalam pertemuan itu, Direktur PNP, Kadis Kominfo Padang Pariaman, Kasi Pengembagan Ekosistem E Gov, Kasi Tata Kelola E Gov, Kepala P3M PNP serta perwakilan dari kelima nagari. (suger)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas