Lima Puluh Kota dan Payakumbuh Peduli HAM, Bupati dan Walikota Terima Penghargaan

Jakarta, PADANG-TODAY.com-Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi dinilai sukses dan peduli, lalu diganjar meraih meraih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM dan Pelayanan Publik Berbasis HAM. Penghargaan yang diserahkan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Yasonna H Laoly dalam acara peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia ke 70 tahun 2018 di Kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI di Jakarta, Selasa (11/12/2018).

Lima Puluh Kota dan Payakumbuh Peduli HAM, Bupati dan Walikota Terima Penghargaan
Lima Puluh Kota dan Payakumbuh Peduli HAM, Bupati dan Walikota Terima Penghargaan

Penghargaan Irfendi Arbi, juga sama diperoleh oleh 12 Bupati dan Walikota lainnya di Sumbar, serta di tingkat Provinsi diterima oleh Wakil Gubernur Nasrul Abit.

“Kita senang dan mengacungi jempol buat Bupati Irfendi Arbi yang sukses meraih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM dan Pelayanan Publik Berbasis HAM. Kita berharap penghargaan itu semakin memotivasi seluruh pihak di daerah ini untuk lebih peduli lagi dengan hak asasi manusia,” tutur Ketua Tarbiyah Perti Kabupaten Limapuluh Kota Z Dt. Rajo Mangkuto.

Lima Puluh Kota dan Payakumbuh Peduli HAM, Bupati dan Walikota Terima Penghargaan
Lima Puluh Kota dan Payakumbuh Peduli HAM, Bupati dan Walikota Terima Penghargaan

“Alhamdulillah, kita kembali mendapatkan penghargaan kabupaten peduli HAM. Kita berharap prediket peduli HAM yang diraih ini menjadi motivasi bagi kita untuk terus berusaha lebih masimal lagi dalam meningkatkan pemenuhan hak-hak asasi manusia di Kabupaten Limapuluh Kota,” ujar Irfendi sembari mengakui prestasi ini adalah keberhasilan masyarakat Limapuluh Kota dan anugerah dari Allah Tuhan Yang Maha Kuasa yang harus disyukuri.

Bersama Irfendi Arbi, juga meraih Penghargaan Kota Peduli HAM dan Pelayanan Publik Berbasis HAM, Kota Payakumbuh. Kota Payakumbuh dijemput penghargaan ini oleh Asisten III Setdako H Rida Ananda. Selain Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kota Payakumbuh, banyak daerah lainnya yang turut meraih penghargaan.

Sebelumnya Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Yasonna H. Laoly dalam sambutannya mengatakan, penghargaan tersebut diberikan kepada kepada pimpinan daerah ini atas upaya mereka dalam membina dan mengembangkan wilayahnya menjadi kabupaten/kota yang peduli Hak Asasi Manusia.

Pada kesempatan itu Menteri Yasonna juga menyampaikan apresiasinya kepada para kepala daerah yang berhasil mewujudkan daerahnya sebagai kabupaten/kota peduli HAM.

“Penerapan prinsip-prinsip HAM terhadap masyarakat harus terus kita tingkatkan. Indonesia adalah negara yang memiliki komitmen tinggi atas kepeduliannya dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat terhadap hukum dan HAM,” papar Menteri.

Ia berharap peringatan Hari Hak Asasi Manusia ini bisa menjadi momentum untuk lebih meningkatkan pemenuhan Hak Asasi masyarakat.

Wakil Presiden Yusuf Kalla berpesan sebelum meninggalkan tempat acara. “Inilah waktunya kita bersatu untuk mengambil sikap nyata yang lebih berprikemanusian semua ini dapat dimulai dari orang terdekat kita kemudian dimulIai dengan melangkah maju untuk membela hak-hak pengungsi atau migran, penyandang disabilitas, wanita, anak dan masyarakat pribumi, kelompok minoritas atau orang orang yang mendapat diskriminalisasi atau kekerasan,” ujar Jusuf Kalla.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas