Limapuluh Kota Cerdas Asyirwan Yunus Bagikan Zakat

Asyirwan yunus saat akan membagikan Zakat.

Asyirwan yunus saat akan membagikan Zakat.

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANGTODAY.com-8.249 jumlah pegawai negeri sipil di Kabupaten Limapuluh Kota, hingga hari ini baru tercapai pengumpulan zakat sebesar Rp1,6 miliar. Sementara, potensinya Rp8 miliar, jika 100 persen terkumpul. Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota menargetkan ke depan target pencapaian 100 persen tercapai.

Wakil Bupati Limapuluh Kota Drs H Asyirwan Yunus MSi, lulusan Lemhanas itu, menukil bahwa potensi zakat ini setara dengan kesejahteraan masyarakatnya yang akan terbantu dengan distribusi zakat tersebut. Sabtu (20/9), H Asyirwan Yunus membagikan Bantuan Zakat dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Limapuluh Kota untuk siswa yang kurang mampu di Kecamatan Guguak. Pembagian zakat ini dilangsungkan SDN 03 Guguak VIII Koto Kecamatan Guguak.

Bahkan, Ketua Umum Baznas Sumatera Barat Prof Dr H Syamsul Bahri Khatib ikut mengapresiasi dibantunya para siswa dari keluarga kurang mampu itu. Syamsul Bahri langsung hadir bersama Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Limapuluh Kota Drs H Gusman Piliang MM, Ketua Baznas Kabupaten Limapuluh Kota Jayusman SPd, Camat Guguak Drs Yuhendri, Kasi Tenaga Guru dan Teknis Dinas Pendidikan Kabupaten Limapuluh Kota Syukrialdi Arlen SPd dan Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Guguak Yurislon SPd serta banyak masyarakat lainnya.

H Asyirwan Yunus mengungkapkan jika realisasi zakat yang dikumpulkan Baznas mencapai 100 persen, maka pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan anak didik dalam rangka penyelesaian studinya tidak sulit lagi.

”Bantuan yang diberikan bagi siswa SD, SMP dan SMA harus dapat dirasakan manfaatnya,” ungkap H Asyirwan Yunus yang solutif ini.

H Asyirwan Yunus pun berharap pendistribusian dana zakat yang masih dalam pola konsumtif, ke depannya lewat Baznas Kabupaten Limapuluh Kota, lebih berorientasi ke persoalan produktif.

”Jika itu terealisasi, maka tingkat ketergantungan masyarakat terhadap zakat ini semakin hari bisa dikurangi,” harapnya. Asyirwan Yunus selalu mendorong masyarakatnya untuk hidup berekonomi dan gigih berusaha.

PEDULI

Syamsul Bahri Khatib sendiri mengatakan, bahwa zakat ini bisa meringankan beban pemerintah dalam berbagai aspek. Aspek peduli, makmur, cerdas, sehat dan iman taqwa.

”Adapun zakat ini bersumber dari masyarakat dan untuk masyarakat,”ucap Syamsul Bahri meyakinkan.

Ketua Baznas Kabupaten Limapuluh Kota Jayusman melaporkan bahwa bantuan Baznas Kabupaten Limapuluh Kota ini dilakukan dalam rangka menggiatkan program peningkatan sumber daya manusia untuk mencapai Limapuluh Kota Cerdas. Program Limapuluh Kota Cerdas ini diimbangi dengan mengembangkan peran aktif ekonomi masyarakat.

”2014 ini, dana zakat yang sudah kita kucurkan ke masyarakat yang membutuhkan sudah sekitar Rp1 miliar. Program produktif, konsumtif, kesehatan, bencana alam dan lainnya. Kali ini, 150 orang siswa menerima bantuan sejumlah Rp200 ribu,” lapor Jayusman.(​malin​)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*