Limapuluh Kota Usung Peningkatan Kapasitas KPMN

Bupati Limapuluh Kota saat pelaksanaan Peningkatan Kapasitas KPMN.

Bupati Limapuluh Kota saat pelaksanaan Peningkatan Kapasitas KPMN.

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Tolok ukur keberhasilan pembangunan nasional tidak lepas dari keberhasilan pembangunan di tingkat nagari. Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan nagari dalam kerangka negara kesatuan merupakan inti dari nawacita Presiden Jokowi.

Hal tersebut disampaikan Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi pada Pelatihan bagi Kader Pemberdayaan Masyarakat Nagari (KPMN) di Aula Kantor Camat Guguak, Selasa (21/6).

“Kita harus mengubah mindset berfikir, jangan uang, mari kita berusaha, berdoa, bekerja apa bermanfaat, maka hasilnya akan bagus,” kata Irfendi Arbi.

Diharapkan Irfendi, ke depan akan tercapai perwujudan kemandirian dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik. Sekarang, tambahnya, dana desa/nagari besar untuk itu diharapkan mampu meningkatkan kemandirian, partisipasi, prakarsa dalam pembangunan nagari.

Irfendi juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Balai Diklat Kementerian Desa, Pembanguanan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Pekanbaru yang sudah melirik Kabupaten Limapuluh Kota sebagai tempat diadakannya KPMN.

Lebih jauh, menurutnya, diperlukan peran-serta masyarakat sebagai Kader Pemberdayaan Masyarakat Nagari (KPMN). Saat ini sudah terdapat 627 KPMN yang tersebar di 79 nagari. Pembentukan KPMN dilakukan melalui proses pemilihan melalui musyawarah nagari dengan jumlah 5 sampai 10 orang yang disesuaikan dengan kebutuhan nagari tersebut.

Sementara itu, Kepala Lembaga Pusat Wilayah Sumatera Syofian Hanafi M.Si mengatakan Kabupaten Limapuluh Kota merupakan unit dari segi nama dan wilayah. Limapuluh Kota dianggap mampu menjadi percontohan kegiatan, serta ke depan menjadi daerah yang memiliki budaya dan adat.

KPMN dinilai sebagai agen perubahan dalam pembangunan nagari, tentu sangat diharapkan mampu membantu pemerintah nagari dan lembaga kemasyarakatan.

Ketua Panitia Nofrianto S.Pd melaporkan, peserta PKMN diikuti sebanyak 30 orang yang berasal dari Kecamatan Guguk 15 orang, Kecamatan Mungka 9 Orang dan Kecamatan Payakumbuh 6 orang.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas