Liputan Khusus Porprov XIV: Limapuluh Kota Sukses Luar Biasa, Emas Sepakbola Dibawa Pulang

Liputan Khusus Porprov XIV, Limapuluh Kota Sukses Luar Biasa, Emas Sepakbola Dibawa Pulang

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, digendong atas kemenangan sepakbola.

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, digendong atas kemenangan sepakbola.

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY,com-Raihan 53 Emas, 45 Perak, dan 62 Perunggu telah menempatkan posisi Kabupaten Limapuluh Kota mampu kembali bertengger di urutan lima besar di Pekan Olahraga Provinsi Sumbar, kali ini XIV di Padang. Emas terakhir yang membuat sumringah seluruh masyarakat Kabupaten dengan 13 kecamatan ini, menang di final sepakbola versus Pasaman Barat, pada penutupan Porprov XIV, 29 November lalu.

Spontan Bupati Irfendi Arbi yang selama Porprov XIV berlangsung tidak meninggalkan atlet-atletnya berlaga digendong oleh kontingen. Semangat Limapuluh Kota yang terus bertahan di posisi lima besar sejak di Dharmasraya 2014 lalu, tak terbendung.

Perolehan Medali per Cabor

Perolehan Medali per Cabor

“Selamat untuk Tim Sepak Bola Kabupaten Limapuluh Kota, para pelatih, offisial dan pemain. Kita pantas berdiri di podium juara Porprov XIV 2016. Usaha keras, keseriusan, dan persiapan matang yang dilakukan selama dua tahun terakhir ternyata tidak berbohong dan Alhamdulillah berbanding lurus dengan hasil yang didapatkan,” ungkap Wakil Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia Budi Febriandi.

Ia juga spontan berucap dan memposting bahwa terima kasih Coach Uncu Hudra Boloik, manajer, seluruh ofisial, asisten pelatih, supporting staff dan teristimewa Para Pemain dan dukungan yang luar biasa dari Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi, Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan yang telah mempersembahkan medali emas sebagai kebanggaan masyarakat Luak Limo Puluah.

Stadion Haji Agus Salim Kota Padang menjadi saksi sejarah Limapuluh Kota, Selasa (29/11/2016). Kesebelasan Luak Nan Bungsu berhasil mengalahkan Pasaman Barat di babak final cabor sepakbola dengan skor akhir 2-0.

Emas bergengsi pun jatuh ke daerah yang dipimpin oleh Bupati Irfendi Arbi tersebut. “Alhamdulillah, Allahuakbar,” kata Irfendi Arbi. Bupati merayakan kemenangan bersama Wabup Ferizal Ridwan dan Ketua DPRD Safarudin Dt Bandaro Rajo.

Kabupaten Limapuluh Kota mengikuti 28 cabang olahraga yang dipertandingkan pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar ke-XIV pada 2016. “Untuk cabang dayung dan kempo terpaksa absen karena tidak ada koordinasi antara KONI dengan pengurus cabor,” kata Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Limapuluh Kota Davis Emha di Payakumbuh, sebelum kontingen berangkat ke Padang.

WhatsApp Image 2016-11-30 at 09.02.04Mengandalkan lima cabor, yakni atletik, menembak, senam, angkat berat, dan wushu, ternyata raihan medali mampu dimaksimalkan di seluruh cabang yang ada. Limapuluh Kota mengutus 396 atlet dan didampingi 119 pelatih dan ofisial.

Sebelum Porprov, dilakukan pemusatan latihan bagi atlet yang akan dikirim pada iven olahraga provinsi yang
diselenggarakan satu kali dua tahun itu.

“Satu bulan menjelang pelaksanaan iven tersebut, masing-masing cabor melakukan pemusatan latihan, bahkan hampir setiap hari,” kata Davis Emha. Selain itu, pihaknya juga telah melakukan pembinaan terhadap atlet jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan iven tersebut, dimana kegiatan itu sudah dimulai semenjak April 2016.

Hal itu, kata dia, karena KONI setempat memiliki target bagi masing-masing cabor, yakni atlet yang akan dikirim adalah mereka yang memiliki peluang untuk meraih medali, kalau tidak maka tidak diutus.

Davis menyebutkan, pihaknya menargetkan posisi lima besar pada pelaksanaan Porprov ke-XIV yang diselenggarakan di Kota Padang pada 19-29 November 2016.

“Kalau tidak akan meraih juara umum, setidaknya posisi lima besar dapat dipertahankan,” kata dia.

Untuk mencapai target tersebut, selain memaksimalkan persiapan dan latihan atlet, KONI juga berupaya menggenjot atlet yang meraih medali perak dan perunggu agar dapat meraih medali emas.

Ia menambahkan, pada Porprov Sumbar ke-XIII di Kabupaten Dharmasraya pada 2014, berada pada urutan lima, setelah Kota Padang, Bukittinggi, Kabupaten Padang Pariaman, dan Kabupaten Agam dengan perolehan medali 45 emas, 40 perak, dan 63 perunggu.(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas