LKM Khairul Ummah Diresmikan Walikota dan Ketua DPRD

LKM Khairul Ummah Diresmikan Walikota dan Ketua DPRD

LKM Khairul Ummah Diresmikan Walikota dan Ketua DPRD

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Program Pengembangan Lingkungan Berbasis komunitas (PLP-BK), sebuah program dari pemerintah yang berguna untuk peningkatan taraf dan pola hidup masyarakat di daerah. Kegiatan Program PLP-BK ini merupakan kelanjutan dari program PNPM Mandiri. Tahun ini Kota Payakumbuh mendapat dua lokasi. Kelurahan Taratak Padang Kampuang Payakumbuh utara dan Parambahan di Kecamatan Lampasi Tigo Nagari. Masing-masing kelurahan mendapat dana sebesar satu milyar rupiah.

Minggu (21/2) pagi, program investasi fisik dan non fisik pembangunan kawasan pemukiman di Tambago kelurahan Taratak Padang Kampuang diresmikan oleh Walikota Riza Falepi Dt Kaampek Suku bersama Ketua DPRD Payakumbuh YB Dt Parmato Alam dan Anggota DPRD Dapil II Payakumbuh.

Walikota dan rombongan setelah menandatangani prasati lansung meninjau kegiatan PLP-BK dengan LKM Khairul Ummah yang sudah mulai berjalan.

LKM Khairul Ummah Tambago kelurahan Taratak Padang Kampuang langsung bergerak bersama masyarakat dengan di dampingi Fasilitator Kelurahan dan Kota Payakumbuh. Berbagai kegiatan lingkungan, sosial maupun ekonomi disusun apik untuk masyarakat kelurahan ini.

Dimulai dari pembenahan lingkungan dengan membangun jalan kampung, tempat bermain anak serta tempat para pedagang kecil menjual dagangan yang tertata rapi LKM Khairul Ummah bergerak dengan panduan Faskel Kelurahan yang sudah di tunjuk da Fasilitator kota Payakumbuh bekerja sama dengan instansi terkait.

Ade kurniawan Koordinator LKM Khairul Ummah di sela acara menceritakan bahwa usulan kegiatan ini sudah lama di masukan,sebelum penggabungan kelurahan sudah di program kegiatan ini ujarnya bersama Ahmadi ketua TIPP (Tim Inti Perencanaan Partisipatif).

Walau setelah ada penggabungan kelurahan program ini di terima masyarakat Tambago Kelurahan Taratak Padang kampuang tidak menyurutkan semangat masyarakat untuk mensukseskan program ini. Hal ini di buktikan dengan tingginya swadaya masyarakat dalam pengerjaan pembenahan lingkungan yang sedang berlansung.

LKM Khairul Ummah tidak hanya bergantung dengan dana satu milyar dari program PLP-BK saja tapi juga berusaha bekerja sama dengan berbagai instansi dan swadaya masyarakat. Dalam proposal kegiatan yang di susun LKM ini tertera angka Lima Milyar lebih dengan rincian penggunaan dan sumber sumber dana. Kegiatan LKM ini dibagi tiga kelompok, pembenahan lingkungan, sosial, dan peningkatan ekonomi masyarakat.

LKM akan berusaha bekerja sama dengan instansi terkait dan pihak swasta dalam pensuksesan program ini. Walikota dan ketua DPRD Payakumbuh menyambut positif semangat masyarakat Taratak Padang Kampuang yang begitu kompak dalam peningkatan taraf hidup mereka.(rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*