Lomba Baju Muslimah Kasual Ramaikan Hari Kedua Bagodang

Lomba busana muslimah Bagodang Payakumbuh 2016

Lomba busana muslimah Bagodang Payakumbuh 2016

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Semarak helat Payakumbuh Baralek Godang (Bagodang) 2016 semakin menarik. Sebelumnya di hari pertama, Payakumbuh Bagodang 2016 dibuka oleh Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi. Pembukaan itu ditandai dengan pemukulan bedug oleh Walikota, Ketua DPRD H. YB. Parmato Alam, serta Kajari Hasbi SH di pentas utama Medan nan Bapaneh Taman Wisata Ngalau Indah, Rabu (19/10).

Puluhan pelajar dari SMAN 2 mampu memberi warna, menyemarakkan pembukaan Payakumbuh Bagodang dengan pagelaran tarian opening. Payakumbuh Bagodang, iven budaya dalam bentuk Pekan Seni Kota Batiah dan pameran industri kerajinan itu, pembukaannya tampak semarak dan meriah, melibatkan 10 nagari dari lima kecamatan se-Kota Payakumbuh. Pembukaan pameran, ditandai dengan pengguntingan pita oleh Walikota Riza Falepi, berlangsung hingga 22 Oktober mendatang.

Turut hadir pada pembukaan Bagodang tersebut Asisten 2 Setdako Amriul Dt. Karayiang, Ketua GOW Ny. Rasyidah Suwandel, Ketua LKAAM W. Dt. Paduko Basa Marajo, dan Ketua Bundo Kanduang Nila Misna. Hari pertama pun diisi dengan pelaksanaan Lomba Pakaian Daerah oleh para peserta yang terbagi dalam kategori TK dan SD. Sementara itu, di panggung II digelar lomba pidato adat yang diisi oleh para peserta dari tingkat SMP/MTs dan SMA/SMK/MA. Para peserta tampak piawai dalam memeragakan kepandaian masing-masing.

Pada hari kedua ini, Kamis (20/10) pagi, Payakumbuh Bagodang 2016 diramaikan dengan Lomba Busana Muslimah Kasual yang diperagakan oleh para siswa tingkat TK dan SD. Ratusan peserta dengan pakaian yang selain menutup aurat, juga tampak kasual dan indah itu saling bergantiang berjalan di atas panggung. Terdengar tepuk tangan dan sorak-sorai menyemangati disampaikan oleh para orang tua peserta dari sisi kiri dan kanan panggung.

Pagelaran Sendratasik Bagodang Payakumbuh 2016

Pagelaran Sendratasik Bagodang Payakumbuh 2016

Di panggung II, para peserta dari tingkat SMP saling unjuk kebolehan dalam pagelaran seni, drama, tari dan musik (sendratasik). Beberapa kesenian baik tradisional maupun kreasi ditampilkan secara bergantian, di antaranya musik talempong, gendang, pembacaan puisi, lagu daerah, serta tari tradisional yang dipadu dengan koreografi kontemporer.

Malam ini, Kamis (20/10), Bagodang Payakumbuh 2016 diagendakan festival randai tingkat Sumbar. Festival tersebut akan dimulai pukul 20.00 WIB.(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*