Lomba Burung Berkicau Meriahkan HJK ke 227 Kota Padang Panjang

Padang Panjang, Padang-Today.com – Festival dan kompetisi burung berkicau tingkat nasional, berlangsung meriah di Kota Padang Panjang.  Sedikitnya seribuan peserta dari berbagai daerah di Indonesia, ikut ambil bagian dalam iven Walikota Cup I 2017 tersebut, Minggu (3/12).

Walikota Padang Panjang, H. Hendri Arnis yang tampil elegan saat membuka perlombaan di komplek Mifan, minta agar lomba burung berkicau masuk agenda rutin Kota Padang Panjang.

“Lomba kali ini memang yang pertama, namun saya ingin Padang Panjang bisa menjadi tuan rumah permanen dalam setiap kompetisi lomba burung berkicau tingkat nasional yang digelar di Provinsi Sumatera Barat,” tantang Wako kepada pihak penyelenggara dan pihak Ebod, produsen aneka kebutuhan burung, selaku sponsor.

Disebutkan Wako, saat ini Padang Panjang tengah menggeber pembangunan dunia kepariwisataannya. Sejumlah kegiatan yang mendukung Padang Panjang menjadi destinasi wisata, akan dikembangkan dengan serius.

“Kini Padang Panjang sudah dikenal dengan wisata kuliner dan wisata religinya, dengan predikat kota Serambi mekkah. Tapi kedepan kita ingin terselenggara event rutin yang mendukung pariwisata, seperti lomba burung berkicau dan lomba lainnya, termasuk iven olah raga dan seni budaya,” ujar Wako Hendri Arnis.

Dalam pidatonya, Wako turut mengundang seluruh panitia dan peserta yang hadir saat itu, untuk berkenan bersilaturahmi di kediaman Wako Padang Panjang, minggu malam, usai perlombaan.

“Saya minta peserta jangan langsung pulang dulu, mari kita silaturahmi malam ini, sambil berdiskusi tentang kompetisi burung berkicau agar nantinya bisa lebih besar dan lebih semarak,” ajak Hendri Arnis.

Keinginan walikota rupanya memperoleh dukungan penuh ketua DPRD Padang Panjang, DR. Novi Hendri, SE. MSi Dt Bagindo Saidi. Menurut Datuk Novi, iven walikota cup pertama ini, hendaknya masuk kalender tahunan yang terjadual.

Namun sayang, dalam kompetisi tersebut, Datuk Novi harus menelan kecewa karena burung kapas tembaknya yang pernah meraih juara pertama dalam laga di luar daerah, tidak keluar sebagai pemenang saat lomba di daerah sendir.

“Kurang bagus mainnya tadi, mungkin karena kurang latihan saja,” ujar Datuk Novi berdalih sambil tersenyum penuh arti.

Kadis Pariwisata Kota Padang Panjang, Hendri Fauzan, selaku pihak penyelenggara mengklaim festival walikota cup I di komplek Mifan berjalan sukses, walau diawal lomba hujan turun cukup deras.

“Alhamdulillah sukses, walau iven ini baru pertama kali kita gelar. Dan sesuai instruksi Pak Wako, kegiatan dalam rangka memeriahkan HJK Padang Panjang ke 227 ini, akan kita jadikan kalender rutin kepariwisataan,” sebut Hendri Fauzan optimis.

Kompetisi burung berkicau kali ini merupakan rangkaian penutup dari 19 agenda kegiatan dalam memeriahkan HJK ke 227.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjaasama Dinas Pariwisata Kota Padang Panjang dengan DPW Ronggolawe BC Sumatera Barat.

Menurut Ketua Ronggolawe, Alex Saputra, lomba kali ini dibagi dalam 24 kategori penilaian.

“Pemenang akan diumumkan langsung disetiap akhir sesi penilaian, termasuk hadiah juga diserahkan langsung usai lomba,” ujarnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*