Lomba Gemarikan Sumbar, Payakumbuh Sabet Dua Gelar Juara

Ketua Forikan Sumbar Hj. Nevi Irwan Prayitno pada saat menghadiri kegiatan penilaian Lomba Forikan, lomba inplementasi makan ikan pada PAUD dan rumah makan yang menyajikan menu ikan di Kabupaten Agam, Selasa (24/5).

Ilustrasi: Ketua Forikan Sumbar Hj. Nevi Irwan Prayitno pada saat menghadiri kegiatan penilaian Lomba Forikan, lomba inplementasi makan ikan pada PAUD dan rumah makan yang menyajikan menu ikan di Kabupaten Agam, Selasa (24/5).

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Payakumbuh berhasil menorehkan prestasi pada Lomba Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) Sumbar 2016. Tim penilai provinsi, menetapkan RM Uwo Payakumbuh sebagai penyaji masakan ikan terbaik di Sumatera Barat. Kemudian, Kelompok Pengelola Hasil Perikanan Ar Rahman Kelurahan Talang, Payakumbuh Barat, juga mencatat prestasi yang sama.

Sementara itu, tiga gelar lainnya, juga diraih anak-anak PAUD dan TK, serta tim SMA N 2 dalam lomba Gemarikan tersebut.

Penilaian Lomba Gemarikan, pertengahan Mei lalu,  mencakup kinerja atau keseriusan Forikan Kota Payakumbuh dalam memasyarakatkan Gemarikan,  yang penerapannya dimulai sejak pendidikan anak usia dini (PAUD), TK dan mendorong rumah makan lebih banyak menyediakan aneka ragam masakan ikan.

Hal tersbeut disampaikan Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Payakumbuh yang sekaligus menjadi Ketua TP-PKK Ibu Dr. Henny Riza Falepi, didampingi Kadis Perikanan dan Peternakan Payakumbuh Depi Sastra, Minggu (5/6).

“Alhamdulillah, kerja keras Forikan bersama SKPD terkait, sukses mengantarkan kota ini merebut prestasi terbaik,” sebut Henny.

Kadis Perikanan dan Peternakan Depi Sastra menyampaikan, untuk kategori rumah makan, Payakumbuh merebut gelar juara pertama atas nama RM Uwo.  Begitu juga untuk kategori kelompok pengelola hasil perikanan. Untuk selanjutnya, Kelompok Ar Rahman maju ke lomba tingkat nasional, sebagai wakil Sumatera Barat.

“Sementara itu,  untuk kagori PAUD Payakumbuh harus puas berada di peringkat ketiga, yang diraih PAUD Jamiatul Hujad IPHI. Dalam nomor jinggel yang diwakili  grup SMA N 2, Payakumbuh kebagian juara harapan III. Namun, dengan dua gelar juara Sumatera Barat, Payakumbuh tampil mendominasi dalam Lomba Gemarikan 2016 ini,” tambahnya.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi sendiri, menurut Depi, terus mendorong, bagaimana warga makin gemar memakan ikan. Disebutkannya, semakin tinggi animo masyarakat mengkosumsi ikan, akan berdampak baik. Tidak hanya pada tingkat kualitas gizi, tapi juga peningkatan kesejahteraan petani ikan.

Pemanfaatan lahan untuk pembudidayaan ikan, diakuinya masih minim, yaitu baru 35% lahan yang dimanfaatkan untuk pembudidayaan ikan dari potensi lahan 734,35 Ha.

Sisa lahan  yang belum tergarap, tercatat 65 % lagi, dan ini akan terus disosialisasikan lebih gencar, sehingga semua lahan yang ada akan dimanfaatkan secara optimal dengan dukungan balai benih ikan yang ada Payakumbuh,”  tegas Depi.(rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*