Lomba Masak Serba Ikan Tahun 2014 Warga Masih Rendah Konsumsi Ikan

Ketua TP-PKK Kota Padang Hj. Harenli Bahar dan Kadis Kelautan dan Perikanan Zalbadri mencicipi aneka ragam masakan  ikan pada lomba masak serba Ikan di Palanta, Kamis (6/11).

Ketua TP-PKK Kota Padang Hj. Harenli Bahar dan Kadis Kelautan dan Perikanan Zalbadri mencicipi aneka ragam masakan ikan pada lomba masak serba Ikan di Palanta, Kamis (6/11).

Advertisements

Padang, PADANGTODAY.com-Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Padang menggelar lomba masak serba ikan antar TP-PKK Kecamatan dengan tema “Yuk makan ikan yang banyak agar kita sehat, kuat dan cerdas.” Lomba dilaksanakan di Palanta kediaman Walikota jalan A. Yani No 11, Kamis (6/11). Hal ini lantaran rendahnya tingkat konsumsi masyarakat terhadap makanan ikan sebagai lauk. Malahan ada pula yang masih belum terbiasa makan ikan, ucap Ketua TP-PKK Kota Padang Hj. Harneli Bahar pada pembukaan lomba masak serba ikan tersebut.

Malahan masih ada anggapan bahwa makan ikan bisa menyebabkan penyakit seperti cacingan. Ini menandakan masih kurangnya pengetahuan tentang manfaat ikan sebagai makanan bergizi tinggi untuk pertumbuhan anak dan kesehatan atau kecedasan manusia. Apalagi bagi daerah pedalaman yang sulit mendapatkan ikan segar serta bermutu baik. Oleh karena itu Pemerintah harus bersinergi dengan sektor terkait untuk meningkatkan konsumsi ikan pada masyarakat, kata Harneli Bahar.

Sebagai bahan perbandingan, bahwa bangsa Jepang 300-400 gram perhari atau 120 Kg/perkapita/tahun. Vietnam 60 kg/perkaita/pertahun. Dan mungkin kita semua sudah mengetahui bahwa ikan sebagai sumber protein hewani mempunyai kelebihan tersendiri dibandingkan dengan hewan lainnya.

Sedangkan ketua panitia lomba makan serba Ikan Zalbadri yang juga Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan kota Padang menyampaikan, supaya masyarakat mempunyai pengetahuan terhadap makan ikan serta manfaat terhadap kesehatan. Tujuan dari lomba adalah meningkatkan konsumsi ikan masyarakat kota Padang. Memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat. Meningkatkan peluang pasar ikan dan produk ikan dalam negeri bagi kesejahteraan masayakat nelayan, oembudidayaan dan pengolah hasil perikanan.

Jenis lomba, Hidangan ikan untuk rumah tangga tradisional dan modern. Hidangan untuk balita dan Snack. Peserta TP-PKK 11 kecamatan se kota Padang. Bagi yang berhasil jadi juara, maka jadi utusan kota Padang untuk melanjutkan perlombaan tingkat provinsi Sumbar tahun 2015 nanti. Untuk kepada para peserta agar mengikuti lomba ini dengan serius dan baik, dan tunjukkan kemapuan dalam bersaing yang sehat. (dil/rel)
Teks Foto:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*