Lomba Silek Tradisional di Festival Pesisir 2015 Kota Pariaman ditabuh

Kabag Humas berikan kata sambutan pada acara pembukaan festival Lomba Silek Tradisional di Festival Pesisir 2015 Kota Pariaman.

Kabag Humas berikan kata sambutan pada acara pembukaan festival Lomba Silek Tradisional di Festival Pesisir 2015 Kota Pariaman.

Duo pesilat  Tuo Tabuik Unjuk kebolehan.

Duo pesilat Tuo Tabuik Unjuk kebolehan.

Pariaman, PADANGTODAY.com- “ Mambangkik batang tarandam “, dengan menggelar lomba silek tradisional khas minangkabau se-Sumatera Barat ini, diharapkan budaya basilek di kalangan masyarakat dapat bangkit kembali, dimana kita ketahui bersama saat ini, budaya ini sudah mulai tenggelam, demikian disampaikan walikota pariaman yang diwakili oleh Kabag Humas Setdako Pariaman Hendri dalam sambutanya pada pembukaan lomba Silek Tradisional pada rangkaian gelaran Festival Pesisir dihari kedua, Kamis (28/5/2015).

Hendri juga menjelaskan bahwa pada saat ini generasi muda lebih cenderung menyukai seni beladiri yang berasal dari luar mulai dari karate, thekwondo, judo, tarung drajat dan seni beladiri lainya, padahal Sumatera Barat atau minangkabau mempunyai seni beladiri yang mulai menarik perhatian mata dunia dengan Pencak Silat, atau silek dalam istilang minang.

“Dengan adanya lomba silek tradisional ini, dikemudian hari dapat menjadi kegiatan tahunan dan meciptakan para jago silek muda baru yang dapat mengharumkan nama sumatera barat pada umumnya, dan Kota Pariaman pada khususnyA, ” tukas Hendri.

Acara ini diikuti oleh 52 kelompok silek yang tersebar di Sumatera Barat, dan dihadiri langsung oleh Presiden Silek Tradisi Sumatera Barat David Tsa dan tuo-tuo silek yang datang dari penjuru sumatera barat. Kabag Humas Hendri memukul gong tanda dimulainya perlombaan. Hadir dalam acara ini Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Efendi Jamal, Sekretaris Dinas Budpar Jafreki, kabid dan kasie di Disbudpar kota pariaman, para tuo-tuo silek dari sumatera barat dan kota pariaman serta para peserta silek yang bertanding. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*