LPDP Dukung Riset Dan Pengembangan Situs Gunung Padang

LPDP
Jakarta, Kemdikbud PADANGTODAY.com– Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) mendukung riset dan pengembangan situs Gunung Padang. Dukungan tersebut diberikan dengan memberikan bantuan pendanaan yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman kerja sama antara LPDP dengan Direktorat Jenderal Kebudayaan, disaksikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh.

Advertisements

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan usai upacara bendera memperingati HUT ke-69 Kemerdekaan Republik Indonesia, di kantor Kemdikbud, Minggu (17/08/2014). “Kami berterima kasih kepada LPDP yang sudah memberikan dukungan pendanaan riset dan pengembangan Situs Gunung Padang,” ungkap Mendikbud pada konferensi pers setelah menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman.

Pada kesempatan tersebut, Mendikbud juga mengundang TNI Angkatan Darat yang masuk dalam tim nasional penelitian dan pengelolaan Situs Gunung Padang. Selain Kemdikbud sebagai penjuru dan TNI Angkatan Darat, tim nasional penelitian situs Gunung Padang juga melibatkan Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian ESDM, Gubernur Provinsi Jawa Barat, dan Bupati Cianjur.

“Pembentukan tim nasional diharapkan dapat saling mendukung dalam melakukan riset sampai dengan pengembangan yang lebih jauh lagi. Situs ini merupakan situs yang ditemukan kurang lebih 2500 tahun sebelum masehi,” ujar Mendikbud.

Mendikbud mengatakan, saat ini TNI Angkatan Darat sudah mulai melakukan pembersihan situs Gunung Padang yang berlokasi di perbatasan Dusun Gunung padang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Pembersihan lokasi sekitar Situs diharapkan selesai pada bulan Oktober 2014 sebelum masa Kabinet Indonesia Bersatu dua berakhir. Dengan demikian, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dapat kembali mengunjungi Situs Gunung Padang.

“Saya juga berharap Situs ini menjadi suatu temuan yang sangat mengagumkan dan sangat unggul,” Pungkas Mendikbud. (sh/dil)