Luapan Sungai Batang Piaman, Rendam Sebagian Sudut Kota Pariaman

Padang-today.com___Tingginya curah hujan di hulu membuat meluapnya sungai batang piaman dan meluap ampang pintu cubadak mentawai sehingga sebagian Kota Pariaman terendam banjir.

” Air sungai mulai tinggi sejak pukul 19.00 win dan puncaknya pukul 21.00 wib meluap kerumah warga. Daerah yang terkena luapan sungai batang piaman antaranya Kampuang Sato 25 unit, Cubadak Mentawai 17 unit dan Tungkal 10 unit rumah. Namun yang lebih dalam daerah Tungka ketinggian banjir sampai satu meter, ungkap koordinator Tim Reaksi Cepat ( TRC ) BPBD Mardi Efendi, Selasa (02/10).

Pengevakuasian pun sempat dilakukan oleh tim BPBD dari rumah warga ke tempat ketinggian dengan perahu karet di daerah Tungka karna beberapa warga yang berada didalam rumah terkepung banjir takut keluar karna sekeliling rumahnya sudah digenangi air.

” Lebih kurang dua jam warga berada di daerah ketinggian dan setalah pasang surut mereka kembali kerumah masing – masing namun kami terus meminta warga agar selalu waspada, ” tambahnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Pariaman Asrizal mengatakan BPBD selalu bekerja 24 jam, apabila hujan lebat setangah jam saja, tim langsung adakan patroli wilayah untuk mengecek banjir, pohon tumbang, tiang listrik.Untuk banjir tadi malam tim tetap berjaga – jaga hingga subuh meskipun air sudah surut.

” secara keseluruhan untuk Kota Pariaman kemaren malam hanya merupakan limpahan batang piaman dan terlambatnya penjaga pintu air membuka pintu air di cubadak mentawai, ” tambahnya.

Meskipun hanya bersifat limpahan batang piaman, terlihat Dinas Sosial tetap memberikan bantuan makanan cepat saji kepada msyarakat yang terkena banjir dan batuan dari BPBD untuk saat ini lebih ke evakuasi warga.

Ia berharap agar masyarakat selalu menjaga aliran drainase agar tidak tersumbat dan tidak membuang sampah ke sungai, selalu waspada apabila hujan deras tidak henti selama setangah jam.(suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas