Lurah Budi Kurniawan Bersama Rembal, Pelajar dan Warga Payolansek Upacara di Negeri Atas Awan

Pengibaran bendera di Bukit Panjang, Payolansek.

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Jalur berat meniti jalan setapak yang becek diguyur hujan semalam tidak mematahkan semangat warga menuju puncak Bukit Panjang. Rombongan yang dipimpin langsung oleh Ketua RT01, RW01, Kelurahan Payolansek, Payakumbuh Barat ini membuat bentangan jalan bukit itu bukanlah sebuah halangan. Justru antusiasme bertambah dengan keinginan merasakan sensasi mengibarkan bendera merah-putih di ketinggian lebih-kurang 700 meter di atas permukaan laut.

Kamis (17/8) pukul 07.00 WIB sekitar 100 peserta upacara pengibaran bendera mulai menanjaki Bukit Panjang. Pada malam sebelumnya, dilaksanakan penyalaan obor di lokasi yang sama. Walau penyalaan obor tersebut diwarnai guyuran hujan dan membuat jalan tanah itu licin, tapi tak mematahkan semangat para peserta yang juga didampingi oleh organisasi Pemuda Pancasila ini. Saat upacara dimulai, para peserta seketika khidmat di antara barisan-barisan yang rapi.

Lurah Payolansek, Budi Kurniawan dalam amanatnya sebagai inspektur upacara menyampaikan rasa terhormatnya dapat hadir dalam upacara yang istimewa di Payakumbuh itu. Menurutnya, upacara yang diinisiasi oleh ikatan remaja RT01 RW01 dan dihadiri perangkat Kelurahan dan LPM tersebut menjadi bukti kekukuhan warga Payolansek dalam menyambut hari kemerdakaan.

“Mendaki Bukit Panjang ini tidaklah mudah. Kita sama-sama menempuhnya, inilah perjuangan kita menyongsong peringatan kemerdekaan dari ketinggian ini. Semoga ke depan, kita dapat sama-sama berjuang terus untuk membangun daerah kita,” ungkapnya mengamanatkan.

Lurah Budi Kurniawan Bersama Rembal, Pelajar dan Warga Payolansek Upacara di Negeri Atas Awan

Ia juga berterima kasih pada Rembal yang telah solid mempersiapkan upacara tersebut sejak hari sebelumnya. Selain menginisiasi upacara itu, Rembal juga membentangkan bendera berukuran besar yang menutupi puncak Bukit Panjang. Bentangan besar bersama bendera yang telah dinaikkan dalam upacara itu dapat dilihat oleh seluruh warga Payakumbuh yang melintasi Kelurahan Payolansek dari bawah.

Ketua RT01, Junialdi Dt. Bagindo Bunsu saat diwawancara mengaku senang upacara tersebut berjalan lancar. Ia menyampaikan, selain upacara warga bersama Rembal juga mengadakan berbagai kegiatan kemasyarakatan lainnya. Kegiatan seperti yang dilaksanakan di Bukit Panjang ini diyakininya dapat merangkul masyarakat untuk saling bekerjasama.

Sepanjang prosesi upacara terlihat kabut awan yang mengelilingi bukit, membuat nuansa upacara dilaksanakan tak ubahnya seperti negeri di atas awan.(Novaldi Herman/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas