Mahasiswa Sastra Jepang UBH Juara II Lomba Pidato Bahasa Jepang Internasional

Mahasiswa sastra jepang UBH.

Mahasiswa sastra jepang UBH.

Advertisements

PADANGTODAY.COM-Fitri Ramadhani mahasiswa angkatan 2010 jurusan Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta menorehkan prestasi di kancah internasional
yang berhasil memperoleh Juara II Lomba Pidato Berbahasa Jepang Internasional Untuk Pelajar Asing ke-8 yang dilaksanakan pada 06 Februari 2014 lalu di Kota Amagasaki Hyogo Jepang.

Fitri berhasil mengalahkan peserta pesaingnya yang berasal dari Jepang,Indonesia, Tiongkok, Taiwan, Korea, Polandia, Ukraina, Jerman, dan Australia. Sedangkan untuk juara pertama dari Tiongkok dan diposisi ketiga Taiwan dengan dewan juri dari Amagasaki International Association, Sonoda Women’s University (SWU), Kansai Kokusai Daigaku, dan Sangyou Gijutsu Tanki Daigaku.

Oslan Amril, SS, M.Si, Sekretaris Jurusan Sastra Jepang Universitas Bung Hatta menyampaikan Fitri Ramadhani ini merupakan mahasiswa jurusan Sastra Jepang Universitas Bung Hatta yang tengah menjadi peserta beasiswa pertukaran mahsiswa tahun 2014 untuk belajar di Sonoda Women’s University.

“Fitri membawakan pidato yang berjudul sensei to ittara nani wo omoi ukabemasuka. Sebagai gambaran dalam pidatonya sensei (guru/dosen) itu bukan cuma yang mengajar di sekolah saja tetapi dari pengelaman yang kita rasakan juga merupakan guru yang baik. Belajar bukan hanya di dalam kelas, tetapi juga berusaha mengenal lingkungan sekitar dan berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar kita merupakan pelajaran yang baik selama kita tinggal di luar negeri,” jelasnya.

Dikatakannya, hampir tiap tahunnya mahasiswa Sastra Jepang Universitas Bung Hatta meraih juara dalam lomba pidato tersebut. Selama mengikuti program ini mereka akan mempelajari budaya dan bahasa Jepang dengan program-program yang sudah disusun sedemikian rupa.

“Selain mendapatkan pengetahuan tentang bahasa dan budaya Jepang, Anita juga akan memperkenalkan bahasa dan budaya Indonesia sesuai dengan tujuan program ini yaitu pertukaran budaya antar dua negara,” ujarnya.

Terpisah, Ketua Jurusan Sastra Jepang Universitas Bung Hatta Dr. Diana Kartika, M.Hum menjelaskan Universitas Bung Hatta telah menjalin kerjasama dengan Sonoda Women’s University Hyogo Jepang sejak tahun 2002 untuk mengirim mahasiswi Sastra Jepang Universitas Bung hatta belajar selama satu tahun disana. Sampai tahun 2015 ini mahasiswi yang dikirim adalah peserta yang ke 12 sejak program ini dimulai tahun 2003.

“Minggu ini Sastra Jepang akan mengadakan seleksi mahasiswi yang akan dikirim sebagai pengganti Fitri yang kan kembali bulan Maret 2015 mendatang. seluruh biaya hidup, biaya sekolah dan perjalanan pulang-pergi ke Jepang termasuk buku-buku semuanya dibiayai oleh pihak SWU bekerja sama dengan HUMAP (Hyugo University Mobility in Asia and the Fasific).

Ia juga berharap dengan banyaknya prestasi yang diraih dapat motivasi adik-adik kelasnya di jurusan Sastra Jepang Universitas Bung Hatta. “Hal ini merupakan kesempatan yang sangat berharga serta promosi yang sangat baik bagi Universitas Bung Hatta di mancanegara,” ucapnya.

(by/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*