Mahasiswa STAIDA Payakumbuh Siap Mengabdi di Tengah Masyarakat

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi melakukan serah-terima mahasiswa KKN Payakumbuh di Aula Kantor Bupati Sarilamak, Kamis (2/6).

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi melakukan serah-terima mahasiswa KKN Payakumbuh di Aula Kantor Bupati Sarilamak, Kamis (2/6).

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Kuliah Kerja Nyata (KKN) di beberapa daerah kembali digelar. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral tersebut merupakan salah satu dari tri dharma perguruan tinggi.

Seperti yang dilaksanakan oleh Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Al-Qur’an (STAIDA) Payakumbuh. Penyerahan Mahasiswa KKN oleh STAIDA Payakumbuh secara simbolik pada masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Sarilamak, (2/6).

Diharapkan tujuan KKN yang dilaksanakan agar memberikan motivasi dekat dengan Al-Quran dapat dirasakan. Hal ini mengingat kompleksitas masalah yang ada di tengah-tengah masyarakat saat ini.

“Contoh kasus Yuyun telah menarik perhatian Indonesia. Hal Ini menjadi potret memprihatinkan kehidupan masyarakat. Saya yakin masih ada daerah-daerah di Indonesia serupa dengan kasus multidimensi yang terjadi,” ucap Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi.

Bupati Irfendi juga berharap para peserta KKN dapat menyesuaikan diri di lokasi KKN dan juga menjalin koordinasi yang baik dengan camat dan Wali Nagari.

“Kalau di bangku kuliah belajar teorinya. Nah, kalau waktu KKN ini prakteknya. Tunjukkanlah hasil belajar tersebut dengan masyarakat,” kata Irfendi Arbi.

Bupati Irfendi juga berpesan agar mahasiswa yang menjalani program tersebut memanfaatkan waktu KKN untuk belajar sekaligus mengenal wilayah penempatan. Ia juga berharap dalam program KKN, para mahasiswa dapat menyukseskan pembangunan di tingkat nagari.

Sebagai gambaran bagi para peserta program KKN, Irfendi menegaskan tujuan pendidikan nasional yang ikut disandang melalui program tersebut. Menurutnya, KKN menjadi sarana pengembangan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sekaligus, tambah Bupati Irfendi, melahirkan insan yang berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, serta menjadi warga negara yang bertanggung jawab dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Ketua STAIDA Payakumbuh Ahmad Deski, S.Si, MA menerangkan, sebanyak 10 mahasiswa KKN STAIDA Payakumbuh diberi penempatan di Kenagarian Simpang Kapuak Kecamatan Mungka. Ini merupakan angkatan ke-3 dilaksanakan di Kabupaten Limapuluh Kota dari 6 tahun perjalan  Yayasan Darul Furqon. Kegiatan KKN yang dilaksanakan selama 40 hari itu, akan mendalami tentang Al-Qur’am, Tafsir dan Bahasa Arab.

Ketua STAIDA Ahmad Deski menambahkan, sebahagian besar mahasiswa STAIDA Payakumbuh berasal dari Limapuluh Kota, Karena akan memasuki bulan Ramadhan mahasiswa KKN lebih meningkatkan aktifitasnya dalam keagamaan saat berhubungan dengan masyarakat.

Fakhrul Usmi,SIQ,MAg sebagai perwakilan Yayasan Darul Furqon juga menyampaikan terima kasihnya atas penerimaan masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota.

“Kami sangat berterima kasih atas penerimaan mahasiswa kami untuk KKN di Nagari Simpang Kapuak Mungka. Semoga program serupa di tahun depan juga akan mendapat tempat dan diterima oleh pemerintah dan masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota,” kata Fakhrul Usmi.(rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*