MAHYELDI: TAGANA TAHAN BANTING DALAM BERTUGAS

Padang,PADANG-TODAY.COM – Walikota Padang,Mahyeldi Ansyarullah berharap seluruh anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Padang periode 2017-2020 dilantik mampu tahan banting dalam mengembang tugas kebencanaan.

Advertisements

“Tagana harus tahan dalam segala situasi, baik itu tahan panas, tahan dingin,”kata Mahyeldi di Padang.

Selaku relawan penanggulangan bencana, tambah Mahyeldi Tagana diminta siap menghadapi kondisi yang paling ringan hingga kondisi terburuk menghadapi bencana. Tagana dibentuk untuk mendayagunakan dan memberdayakan generasi muda dalam penanggulangan bencana.

“Tagana membantu pemerintah dalam penanggulangan bencana, baik sebelum, pada saat, dan sesudah terjadinya bencana,”ungkapnya.

Ia menjelaskan, Kota Padang termasuk daerah potensi bencana. Karena itu, keberadaan Tagana cukup tepat sebagai relawan penanggulangan bencana.

“Dalam sisi keagamaan, Tagana melaksanakan syariat Islam, karena siap siaga itu sunnah dan syariah,”terangnya.

Cukup banyak tugas fungsi Tagana dalam bekerja, seperti melaksanakan pemetaan dan pendataan daerah rawan bencana, melaksanakan kegiatan pengurangan risiko bencana di lokasi rawan bencana, termasuk melaksanakan upaya-upaya pemulihan sosial korban bencana.

“Tagana juga bekerja mengidentifikasi dan mendata korban bencana, serta identifikasi kerugian material pada korban bencana, dan lainnya, bukannya gagahan ketika berada di lokasi bencana,” tegas Mahyeldi

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat melalui Kabid Bantuan Jaminan Sosial, Irwan Basyir menuturkan bahwa jumlah Tagana Kota Padang termasuk paling banyak dibanding kabupaten / kota lain di Sumbar. Jumlah yang cukup banyak ini diharapkan mampu menjalankan fungsinya dengan baik dalam setiap terjadinya bencana.

“Tagana Kota Padang luar biasa, jumlahnya 40 orang, kita harapkan pembagian kerjanya dapat terkoordinir dengan baik,” tukasnya.

Sisi lain Kepala Dinas Sosial Kota Padang Amasrul menyebut bahwa pada tahun ini pihaknya akan merekrut 55 orang Tagana muda. Tagana muda direkrut dari 11 kecamatan yang ada di Padang.

“Nantinya mereka direkrut dan dilatih cara penanganan bencana selama tiga hari,” ungkapnya. (der)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*