Maju Pilkada Padang, Emzalmi Daftar ke NasDem

Emzalmi menjadi bakal calon Walikota Padang karena besarnya desakan masyarakat agar dirinya maju sebagai pemimpin.

Padang, PADANG-TODAY.com-Emzalmi masih menjabat sebagai Wakil Walikota Padang,Sumatera Barat mendaftarkan diri ke Partai Nasional Demokrat (NasDem) untuk maju sebagai Walikota Padang di Pilkada 2018.

Emzalmi diantarkan sejumlah tokoh masyarakat untuk mendaftarkan ke Partia Nasdem. Ketua DPW Partai Nasdem Sumbar, Syamsu Rahim serta pengurus partai menyambut kedatangan Emzalmi Senin (15/5) sekitar pukul 14.30 WIB.

Emzalmi menyatakan, daftar karena Partai Nasdem telah membuka pendaftaran calon kepala daerah untuk Pilkada.

“Maju sebagai calon kepala daerah atas kesepatan bersama tokoh-tokoh masyarakat untuk maju sebagai calon kepala daerah di Pilkada 2018.Tokoh masyarakat menginginkan untuk maju sebagai calon Walikota Padang bukan sebagai wakil walikota Padang.

Emzalmi siap dengan siapa saja berpasangan untuk maju di Pilkada 2018. Ada sejumlah nama siap untuk mendampingi diantaranya Desri Ayunda, Alkudri, “Siapa saja mau berpasangan asalkan bisa meningkatkan perekonomian serta mau memajukan pendidikan di Padang,”jelas Emzalmi.

Sementara itu Ketua DPW Partai Nasdem Sumbar, Syamsu Rahim menyatakan,Partai Nasional Demokrat (NasDem) mencari sosok calon kepala daerah di Pilkada 2018 berdasarkan survie elektabiltas dan popularitas tinggi.

“Sosok calon kepala daerah dari NasDem harus survei elektabilitas dan popularitas tinggi,”katanya.

Ia menjelaskan, ada hasil survie popularitasnya tinggi namun elektabiltasnya rendah ini belum tentu mendukung sang calon untuk maju di Pilkada Padang.

“Sang calon populer karena di ketahui oleh masyarakat luas, namun elektabiltasnya masih rendah,”ungkapnya.

Misalkan saja secara popularitas siapa tidak kenal dengan Emzalmi di Kota Padang, namun elektabiltasnya masih 20 persen, ini harus dilakukan lebih jauh lagi. “Jadi silakan calon kepala daerah terus melakukan sosialisasi, karena yang akan dipilih adalah yang hasil surveinya terbaik popularitas dan elektabilitasnya,”tegas Syamsu Rahim.

Sementara itu Ketua Tim Penjaringan DPD Nasdem Padang, Sutikno menyatakan, sudah ada beberapa calon mengambil formulir pendaftaran untuk maju sebagai calon kepala daerah di Pilkada 2018.

“Calon sudah mengambil formulir yakni Desri Ayunda, Alkudri, Namun sudah mengembalikan berkas baru Emzalmi saja,”katanya.

Ia menjelaskan, NasDem Padang buka penjaringan mulai 2 Mei 2017 hingga 21 Mei 2017. Calon sudah bisa mendaftarkan dan mengambil formulir pendaftaran di kantor NasDem.

Dalam tahapan pembukaan penjaringan ini, Partai NasDem mengedepankan politik tanpa mahar. Dan dalam pembukaan penjaringan ini berdasarkan keputusan dari DPP untuk membuka penjaringan Pilkada,”ungkapnya.
Balon kada harus mengikuti mekanisme semua tahapan sesuai dengan aturan DPP Partai NasDem. “Balon nantinya akan dilakukan survie oleh lembaga yang ditunjuk DPP. Kriteria calon yang akan diusung partainya selain memiliki visi dan misi yang sama dengan Partai Nasden juga harus kandidat yang diunggulkan berdasarkan hasil survei.

“Polanya tetap sama seperti pilkada tahun kemaren. Dimana, NasDem masih menggunakan hasil survey untuk mengetahui kekuatan bakal calon. Dan ini akan melihat sejauh mana dukungan calon partai NasDem dibawah. Ditambah lagi, faktor lain yang menjadi pertimbangan DPP untuk mentukan siapa balon yang akan diusung oleh partai tapi semua itu keputusan ada di DPP,”jelas Sutikno.(der)

Lewat ke baris perkakas