Majukan Objek Wisata, Warga Samosir Bongkar Sebagian Rumah

objek-wisatasamosirSamosir, PADANGTODAY.com – Untuk menjadi obyek wisata unggulan kata Ombang, peran warga harus lebih dominan melakukan pembenahan, sedangkan pemerintah menyediakan retribusi, penataan parkir oleh kelompok sadar wisata.

Advertisements

Warga Desa Situngkir Kabupaten Samosir, membongkar sebagian bangunan rumah untuk akses jalan ke objek wisata Pantai Indah Situngkir (PIS).

“Semangat dan niat baik Osmar Simarmata perlu ditiru warga lainnya guna memajukan daerah masing-masing,” ucap Kepala Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Kabupaten Samosir, Ombang Siboro di Pangururan.

Ombang yang meninjau lokasi mengatakan, pembukaan akses jalan masuk menuju objek wisata PIS diyakini meningkatkan kunjungan wisatawan, yang berdampak pada peningkatan perekonomian warga setempat.

Ombang menyampaikan, PIS merupakan mutiara yang terus dibenahi karena saat ini wisatawan lebih senang mengunjungi objek wisata pantai sehingga peluang untuk menjadi wisata unggulan sangat terbuka.

“Jadi, apa yang dilakukan warga Desa Situngkir sangat tepat. Ekonomi kerakyatan akan bertumbuh di daerah ini,” tutur Ombang penuh optimistis

Ombang menambahkan, pemerintah Samosir akan membangun fasilitas jalan (jogging track) sepanjang satu kilometer yang tidak bisa dilalui kendaraan, penataan kios berjarak 50 meter dari tepi pantai.

“Intinya kehadiran kios jangan sampai mengganggu kenyamanan pengunjung, tetapi sebagai pelengkap kebutuhan,” tandas Ombang.

Ia mengaku langkah yang dilakukan bukan semata-mata untuk pencitraan dan menuai pujian, tetapi lebih mementingkan kemaslahatan umum dan membangkitkan pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat. “Saya hanya mengiginkan daerah ini maju dari objek wisatanya,” ujar Osmar.(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*