Makan Bajamba Di Hari Jadi, Saat Pejabat Dan Masyarakat Duduk Bersila Untuk Makan Bersama

Padang-today.com__Ratusan orang berkumpul di kawasan Ibu Kota Kabupaten Padang Pariaman, IKK Parit Malintang untuk mengikuti acara Hari Jadi Kabupaten itu yang ke -186, Jum’at 11-01-2019.

Sebelumnya pada malam, masyarakat disuguhkan dengan aneka kesenian daerah dan beberapa grop band para pelajar yang ada di daerah itu. Hal ini terlihat dari keseiriusan masyarakat setempat dalam bergandengan tangan untuk meembangun daerah itu.

“Salah satu peringatan hari jadi ini adalah untuk mengevaluasi sejauh mana pemerintah bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat untuk memajukan Kabupaten Padang Pariaman, maju dibidang ekonomi, maju dibidang sosial, yang semuanya itu tak lepas dari kerjasama yang baik, tak lepas dari kerjasama kita semua, agar kedepannya Padang Pariaman bisa maju.” Kata salah satu masyarakat Sungai Limau, M. Noer yang ikut hadir dalam menyumbangkan makan bajamba pada hari jadi Kabupaten Padang Pariaman.

Banyak kemajuan di yang telah dan akan di kerjakan oleh kabupaten itu. Mulai dari pembangunan Embarkasi Haji, Pembangunan Tarok City serta pembanguanan jalan tol yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

“Dengan berkembang pesatnya pembangunan Tarok City itu untuk Perguruan Tinggi dan lembaga pemerintah lainya, semuanya ini akan berdampak kepada ekonomi masyrakat Padang Pariaman,” terangnya.

Ia mengapresiasi pihak pemerintah setempat yang telah berhasil membawa dan membangun daerah itu “Pasang Ali Mukhni dan Suhatri Bur ini cukup gigih dalam membangun dan meberdayakan masyarkatnya. Kenapa tidak, lanjutnya, Untuk pelayanan publik yang disuguhkan pemerintah daerah kepada masyarkat sangat lah mudah dan tidak menyulitkan warga,” ujarnya.

Dirinya berharap, semua elemen masyarakat dapat bekerjasama dengan berbagai pihak. Baik swasta, BUMD, maupun BUMN dengan tujuan untuk membangun Padang Pariaman yang lebih baik.

Lain lagi dengan Nur Caya, (54), ia merasa bangga dengan habisnya sajian jamba yang dibawa dari Nagari Parit Malintang laku keras bagi undagan jamu makan bajamba di akhir acara penutupan hari jadi tersebut.

“Saya senang dengan sajian jamba saya diperebutkan oleh undagan yang ikut dalam santapan makan siang ala bajamba ini,” kata dia.

Katanya, jamba yang dibawa daerahnya itu sengaja diberikan kepada undagangan yang hadir dalam acara hari jadi tersebut. “Jamba tersebut adalah sumbangan dari masing-masing nagari yang ada di kabupaten ini,” kata dia.

Dalam jamba tersebut, lanjutnya, tersedia berbagai hidangan, seperti nasi yang dibungkus dengan daun, ikan gulai berbagai rasa, ikan goreng, rendang, ayam dan sayur-sayuran.

Untuk lauk pauk, biasanya disajikan masakan khas Sumatera Barat, berupa rendang daging, gulai ayam, asam padeh daging, terong balado, perkedel, dan lauk lainnya. Biasanya nasi dan lauk disajikan dalam satu nampan atau pinggan besar.

Pada hari jadi itu, pihak pemkab setempat sengaja mengundang pejabat dan masyrakat untuk menjamu masyarakat dengan makan Bajamba di Halaman IKK Parit Malintang.

Makan Bajamba adalah tradisi makan masyarakat Minangkabau dengan cara duduk bersama-sama dalam sebuah ruangan. Di bagian tengah berjejer dulang atau nampan berisi beragam makanan tanah khas tanah Minang.

Tidak tanggun-tanggung, sedikitnya ada sekitar ratusan jamba yang datang dari berbagai nagari yang ada di daerah itu untuk ikut mewarnai hari jadi kabupaten tersebut. (suger)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas