Makan Sering Dapat Atasi Sakit Kepala

saladPADANGTODAY.com – Sakit kepala atau migrain terasa mengganggu, bahkan membuat kita sulit beraktivitas. Solusi praktisnya adalah meminum obat. Padahal, selain obat ada banyak makanan alami yang bisa jadi solusi.

Advertisements

Tak perlu khawatir, ada cara alami untuk mengatasi sakit kepala tanpa meminum obat.

1. Makan sedikit namun sering
Jika Anda belum makan apa-apa, sakit kepala atau pusing yang Anda alami bisa jadi akibat gula kadar darah rendah. Jika demikian, segeralah makan sesuatu untuk mengatasinya.

Beberapa riset menunjukkan bahwa makanan kaya magnesium seperti bayam, tofu, minyak zaitun, atau biji bunga matahari dan labu kuning dapat membantu menyembuhkan sakit kepala. Menyantap makanan kecil beberapa kali sehari daripada tiga kali makan besar juga bisa membuat gula darah lebih stabil.

2. Kurangi alkohol
Konsumsi alkohol, terutama liquor yang berwarna gelap, bisa menimbulkan sakit kepala. Hal ini umumnya terjadi jika alkohol diminum terlalu banyak. Namun, bagi sebagian orang, sedikit alkohol saja bisa memicu sakit kepala. Karena itu, sebaiknya hindari mengonsumsi minuman beralkohol.

3. Minum air putih
Sakit kepala adalah salah satu tanda pertama dehidrasi. Agar Anda asupan air putih Anda cukup, coba meminumnya sepanjang hari daripada hanya meneguknya saat makan atau selama beraktivitas berat. Selain air putih, konsumsi air juga bisa dari sumber lain seperti minuman, makanan, serta buah dan sayur.

4. Konsumsi kafein
Meminum secangkir kopi saat merasakan tanda awal sakit kepala bisa membantu mengatasinya. Sebab, kafein memiliki efek penghilang rasa sakit yang ringan. Bagaimanapun juga, kafein seperti pedang bermata dua. Kalau Anda mengonsumsinya terlalu banyak dan sering, Anda bisa gelisah jika tak meminumnya. Andapun jadi kurang peka terhadap efek kafein.

5. Buang permen karet
Kebiasaan mengunyah permen karet ternyata juga bisa menyebabkan sakit kepala. Hal ini terjadi akibat kontraksi otot secara intens dalam waktu lama di area kepala dan leher, termasuk rahang. Berdasarkan sebuah penelitian, orang-orang yang mengalami sakit kepala membaik setelah menghentikan kebiasaan makan permen karet mereka.

6. Hindari makanan tertentu
Beberapa makanan bisa memicu sakit kepala. Namun, penyebabnya bisa berbeda-beda pada setiap orang. Jika Anda menduga makanan tertentu menyebabkan Anda pusing, coba hentikan konsumsinya sementara lalu santap lagi secara bertahap untuk melihat apakah makanan tersebut perlu dihindari.

(dk/nol)