Makanan Enak Yang Mampu Membuat Kulit Anda Cantik dan Sehat

ilustrasi

ilustrasi

PADANGTODAY.COM – Kulit merupakan organ yang mendominasi semua bagian tubuh. Kulit berfungsi untuk menutupi seluruh tubuh Anda dari berbagai macam gangguan dari luar tubuh. Kulit juga menjadi tanda dari kebersihan diri Anda. Jika Anda kurang memperhatikan kulit Anda, maka kulit akan terlihat kusam dan tidak bercahaya.

Selain perawatan dari luar, makanan yang Anda konsumsi juga mampu mempengaruhi kesehatan dan kecantikan kulit Anda. Berikut adalah makanan enak yang mampu membuat kulit Anda cantik dan sehat.

Ikan salmon dan biji chia
Kedua makanan ini sangat tinggi akan asam lemak omega 3 di dalamnya. Zat ini berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas serta mencegah kanker kulit.

Tomat dan wortel
Kandungan beta karoten dan lycopene dalam tomat dan wortel telah terbukti mampu melindungi kulit dari paparan jahat sinar UV. Selain itu kandungan antioksidan di dalamnya juga mampu mencegah inflamasi di kulit.

Cokelat hitam
Flavonoid yang ada dalam cokelat hitam mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Sebuah penelitian sehat menunjukkan bahwa flavonol dalam cokelat hitam juga mampu meningkatkan aliran darah ke kulit, menjaga agar kulit terhidrasi dengan baik, serta mencerahkan kulit.

Sayuran hijau
Sayuran hijau sudah lama dikenal sebagai gudangnya vitamin sehat. Salah satu jenis vitamin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit adalah zat antioksidan di dalamnya. Mengonsumsi sayuran hijau juga terbukti dapat mengurangi risiko kanker kulit.

Teh hijau
Teh hijau sangat tinggi akan kandungan polifenol. Mengonsumsi teh hijau secara rutin telah terbukti dapat mengurangi kerusakan akibat pancaran sinar UV. Epigallocatechin-3-gallate (EGCG) atau zat antioksidan tersebut terbukti melawan peradangan di kulit dengan menetralisir radikal bebas.

Selain mengonsumsi makanan di atas, Anda juga dapat menjaga kesehatan kulit dengan rajin mengoleskan krim tabir surya agar terhindar dari sengatan matahari yang terik.

(feb/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas