MAKANAN JCH SUDAH TERJAMIN HALAL DAN BERGIZI

 

Padang-today.com – Kepala Pusat Kerjasama dan Standarisasi Halal Kemenag. RI, Nifasri, menyatakan makanan jamaah haji selama di embarkasi maupun di tanah suci sudah terjamin kehalalannya.

“Datang ke Padang untuk melihat pelayanan makanan jemaah calon haji. Alhadulillah semua makanan JCH haji baik di embarkasi maupun di tanah suci sudah terjamin kehalalannya,”kata Nafsri ketika melepas jch kloter 14 Embarkasi Padang.

Ia menjelaskan,sertifikasi produk halal telah dikeluarkan untuk makanan jch selama di embarkasi maupun di tanah suci.

Kementerian Agama secara langsung mengawasi makanan yang dikonsumsi para jamaah haji.

“Tidak ada lagi keraguan soal makanan jamaah haji selama di Embarkasi maupun di tanah suci. Semua makanan sudah terjamin kehalalannya,”tegas Nafsri.

Ia menyatakan Makanan jamaah haji sudah memenuhi standar internasional dari segi nilai gizi dan kandungan kalori minimal sebesar 1.500 kali per saji.

“Makanan sehat dan higenis, jangan sampai gara-gara makanan, calon haji sakit dan tidak bisa menunaikan ibadah haji,” ungkap dia

Selain penyajian,lanjut Nafsri,pemeriksaan kualitas makanan juga dalam pengecekan petugas asrama haji selama di embarkasi maupun di tanah suci.

“Sebelum disajikan pada jamaah haji sudah dicek tim kesehatan, jadi makanan dijamin bersih dan sehat serta halal,”jelasnya.

Nifasri juga mengingatkan semua JCH untuk menjaga kesehatan dengan makan dan minum serta gizi yg cukup, karena ibadah haji membutuhkan stamina yang baik.

Sementara itu Syamsuir,Plt Kabid haji Kemenag Sumbar menyatakan sekerang embarkasi Padang akan memberangkatkan jch dari BIM Ketaping menuju Jeddah.

JCH berangkat ini kloter 14 Embarkasi Padang pada Sabtu (11/8) sekitar pukul 19.35 WIB. Kloter 14 merupakan gelombang kedua Embarkasi Padang.

“Kloter 14 yang berasal Kota Padang, Kab. Sijunjung, dan Kab. Pesisir Selatan,”katanya.

Ia menjelaskan, untuk kloter 14 Jamaah Calon Haji berasal dari Kota Padang 247 orang, Kab. Sijunjung 137 orang, Kab. Pesisir Selatan 4 orang dan 5 orang petugas.

Total jemaah kloter 14 sebanyak 393 orang. Adapun JCH termuda Fadhilah Azzikra Efigon (22), asal Kab. Sijunjung dan yang tertua Agus Duya Buyung Nawai, (85) asal Kota Padang.

“JCH kloter 14 di mekah akan menempati maktab 33 dengan nomor rumah 402 sektor 4 wilayah Aziziyah,”ungkapnya.

JCH kloter 14 akan langsung ke Mekah melalui bandara KING Abdul Aziz Jeddah.

Semua JCH diharapkan dapat mematuhi aturan yang telah ditetapkan. Lebih lanjut Syamsuir, menyampaikan bahwa sesuai himbauan dari PPIH Arab Saudi dan Dirjen Haji Kemenag RI bahwa untuk gelombang kedua ini agar semua jamaah melaksanakan mandi sunat umrah di Asrama haji embarkasi masing masing.(der)

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*