Makanan Kadaluwarsa Beredar

PADANGPANJANG-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar), berhasil menyita puluhan makanan dan minuman yang sudah kedaluwarsa di sejumlah pertokoan pasar tradisional setempat.

Advertisements

“Barang bukti sudah kami amankan, menunggu proses selanjutnya,” kata Kepala Dinkes Padang Panjang, Rio Akhadanelly di Padang Panjang, Rabu.

Ia menambahkan, penyitaan barang yang sudah kedaluwarsa tersebut setelah adanya pemeriksaan yang dilakukan Dinas Kesehatan bersama instansi terkait dan aparat keamanan.

“Kami mendapatkan laporan kalau ada indikasi barang kadaluarsa dan bahan kimia yang dicampur ke bahan makanan beredar di pasaran, sehingga dilakukan pemeriksaan,” ujarnya.

Dari pemeriksaan yang dilakukan itu, ada beberapa jensi barang dagangan masyarakat yang sudah kedaluwarsa seperti, biskuti, sirup, minuman kaleng mie dan lainnya.

Setelah disita, lanjutnya, barang tersebt akan dimusnahkan oleh Dinas Kesehatan bersama instansi terkait lainnya.

“Sekarang kami akan menaikan telaah staf kepada wali kota untuk pelaksanaan pemusnahan barang bukti yang sudah kadaluarsa tersebut,” sebutnya.

Ia mengimbau kepada pedagang untuk tidak menjual barang yang sudah kedaluwarsa dan makanan yang sudah terkontaminasi oleh bahan kimia.

“Sanksi terberat akan dilakukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan bisa berupa pidana,” jelasnya.(nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*