Malaysia dan Korsel Kembali Bersaing di Semifinal Piala Sudirman 2015

Lee Chong Wei.

Lee Chong Wei.

Dongguan, PADANGTODAY.COM-Malaysia dan Korea Selatan akan bersaing untuk memperebutkan tiket ke semifinal Piala Sudirman 2015 yang berlangsung di Dongguan, Tiongkok. Keduanya akan saling berhadapan pada laga perempat final, Kamis (14/5/2015).

Laga tersebut akan jadi pertemuan kedua mereka pekan ini. Mereka saling bertemu pada babak penyisihan Grup D yang dimenangi Malaysia dengan skor ketat 3-2. Malaysia juga menang 3-2 atas India yang memastikan Lee Chong Wei dkk lolos ke perempat final sebagai juara grup.

Korea memastikan diri lolos ke perempat final setelah menundukkan India, 4-1, Rabu (13/5/2015). Bersama Jerman, Taiwan, dan Denmark, Korea lolos dengan status runner-up grup. Keempatnya lalu diundi untuk menentukan lawan di perempat final, yaitu para juara grup.

“Kami punya peluang 25% untuk menghadapi Korea Selatan di perempat final… dan kami bertemu mereka lagi,” kata Direktur Teknik Asosiasi Badminton Malaysia (BAM) Morten Frost.

“Ini jelas berat. Kami bisa saja bertemu Jerman (yang lebih lemah). Korea merupakan lawan terberat yang bisa kami hadapi. Kami pernah mengalahkan mereka, dan kami bisa melakukannya lagi. Para pemain dalam kondisi percaya diri tinggi setelah babak penyisihan grup,” jelas Frost.

Jika mampu mengalahkan Korea lagi, Malaysia akan lolos ke semifinal untuk menghadapi pemenang antara Jepang dan Denmark.

Pada pertemuan pertama dengan Korea, Malaysia membuat kejutan lewat ganda putra Goh V Shen/Tan Wee Kiong yang mengalahkan pasangan nomor satu dunia, Lee Yong-dae/Yoo Yeon-seong.

“Kami akan butuh Goh V Shem/Tan Wee Kiong untuk memperbesar peluang lagi di ganda putra,” kata Frost.

Ganda campuran Chang Peng Soon/Goh Liu Ying juga diharapkan bisa mengulang prestasi mereka saat menundukkan Ko Sung-hyun/Kim Ha-na.

Satu poin yang mereka yakin bisa raih adalah dari nomor tunggal putra yang diwakili Lee Chong Wei. Lee yang juga menjadi kapten tim yakin timnya akan siap untuk menghadapi Korea Selatan.

“Kami sudah mempersiapkan semua pemain dalam dua hari terakhir, dan kami percaya diri,” kata Lee. “Tim sudah bermain lebih dari yang diharapkan dan bahkan mengalahkan tim Korea untuk kali pertama. Kami siap bertanding dan melakukan yang terbaik.”

Selain Malaysia dan Korea, tim lain yang akan saling berhadapan di perempat final pada Kamis adalah Tiongkok dan Jerman. Sementara laga antara Indonesia dan Taiwan serta Denmark dan Jepang akan berlangsung Jumat (15/5/2015).

(ppr/mms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*