MAN Padang Japang, Gelar Festival Pramuka dan KSM (Kompetisi Sains Madrasah)

MAN Padang Japang, Gelar Festival Pramuka dan KSM (Kompetisi Sains Madrasah)

MAN Padang Japang, Gelar Festival Pramuka dan KSM (Kompetisi Sains Madrasah)

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANGTODAY.com-Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Padang Japang Limapuluh Kota menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW (2-4/2) lalu. Kegiatan ini mengusung tema melalui kegiatan festival pramuka dan kompetisi sains Madrasah. Bertujuan agar membentuk generasi muda yang berjiwa religius, kreatif dan berprestasi.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Limapuluh Kota Drs. H. Gusman Piliang, MM, diiringi dengan penampilan memukau dari Perkusi MAN Padang Japang dan tari Bendera Semaphore. Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh orang nomor satu di Kementerian Agama Kab. Limapuluh Kota tersebut di MAN Padang Japang.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk generasi muda yang berjiwa sportif, tangguh dan berkarakter islami, dan sekaligus sebagai ajang mempromosikan MAN Padang Japang kepada Madrasah Tsanawiyah dan sekolah Menengah Pertama se-Kabupaten Limapuluh Kota ,” ucap Kepala MAN Padang Japang Drs. Aril Usman.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dengan mata uji IPA Terpadu, IPS Terpadu dan PAI (Keagamaan) mendapat sambutan baik peserta, terbukti sebanyak 116 siswa ikut serta dalam kompetisi ini. Lomba Pionering juga diikuti oleh 60 peserta di hari kedua, serta lomba PBB (Peraturan Baris Berbaris) di hari penutupan diikuti oleh 128 siswa utusan MTsN / MTsS dan SMP se-Kabupaten Limapuluh Kota.

Keluar sebagai juara umumnya adalah MTsN Padang Japang dengan mendapatkan piala bergilir dari Kepala MAN Padang Japang. Hadiah Tabanas dari Bank Nagari bagi masing-masing tiga besar cabang lomba KSM. Bidang IPA juara satu diraih Cindy Ivana Putri SMPN 2 Kec. Guguak, bidang IPS peringkat satu MTsS TI Taram atas nama Veni Putri, cabang PAI jatuh ke Citra Nur Ilahi dari MTsN Limbanag. Cabang Pionering jatuh pada MTsN Padang Japang dan PBB dimenangkan oleh MTsN Padang Japang.

Berkat semangat dan kerjasama semua pihak sehingga kegiatan berjalan lancar dan peserta juga antusias mengikuti kegiatan tersebut.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini makin memperkokoh tali silaturahmi antar siswa MAN Padang Japang dan seluruh peserta,” kata Bima Permata Utama selaku ketua OSIS MAN Padang Japang periode 2014 /2015 didampingi guru Pembina Ernawati SS.

“Kegiatan ini akan tetap berlanjut setiap tahunnya, mudah-mudahan lebih baik lagi kedepannya dengan menambah cabang lomba,” ucap Wakil Kesiswaan Sandijal Putra, M. Pfis di acara penutupan. Hal senada juga disampaikan Waka Humas MAN Padang Japang Drs. H. Darmi ketika mengakhiri kegiatan.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*