Manfaat Bunga Marigold Bagi Kesehatan

ilustrasi Bunga Marigold

ilustrasi Bunga Marigold

Advertisements

PADANGTODAY.COM– Pernahkah Anda mendengar bunga marigold? Mungkin bagi sebagian orang, nama ini belum familiar. Namun ketika Anda melihat bentuk asli dari bunga ini pasti Anda akan langsung mengetahuinya.

Bunga marigold mudah dikenali dari warnanya yang kuning cerah dan banyak digunakan sebagai tanaman hias. Siapa sangka bunga yang selama ini menghiasi taman Anda ternyata memiliki manfaat sehat? Dilansir dari healthmeup.com, berikut adalah manfaat sehatnya.

Mengeluarkan racun dari dalam tubuh
Minum teh yang terbuat dari bunga marigold dapat membantu Anda dalam membersihkan racun terutama dari hati dan kantung empedu Anda. Sehingga tubuh Anda bebas dari gangguan penyakit berbahaya.

Mengobati masalah pencernaan
Bunga marigold mampu melindungi lapisan lambung dan usus Anda serta mencegah penyakit tukak lambung, gastritis, bahkan kanker perut.

Melawan radikal bebas
Karena tinggi akan kandungan zat antioksidan, maka bunga marigold membantu tubuh dalam melawan radikal bebas yang menyebabkan penyakit dan penuaan dini. Bunga ini juga memiliki sifat anti-karsinogenik.

Mengobati demam dan sakit tenggorokan
Teh bunga marigold dapat membantu tubuh dalam melawan demam dan batuk. Jika Anda memiliki sakit tenggorokan, maka kumurlah dengan teh bunga marigold tiga kali sehari untuk mengurangi infeksi.

Mengobati masalah menstruasi dan menopause
Nyeri menstruasi memang sangat menyebalkan bagi wanita. Namun Anda bisa mengatasinya dengan minum teh bunga marigold sebab mereka memiliki sifat emmanogogic yang menenangkan rahim. Minum teh ini juga dapat meringankan gejala menopause.

Melembabkan kulit
Minyak yang terbuat dari bunga marigold merupakan obat yang efektif untuk mengobati kulit kering. Selain itu minyak ini juga dapat menyembuhkan masalah kulit lainnya seperti eksim, psoriasis, gatal2, dan bahkan ruam popok yang biasanya terjadi pada tubuh bayi.

Mengurangi peradangan
Kandungan anti inflamasi di dalam minyak marigold sangat baik untuk mengurangi peradangan dan mengurangi pembengkakan karena cedera.

Cepat menyembuhkan luka
Bunga marigold juga memiliki sifat antimikroba dan antiseptik yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

Bunga marigold banyak diolah menjadi berbagai macam teh atau ramuan herbal lainnya. Tidak ada salahnya apabila Anda mencobanya sebagai alternatif obat herbal yang biasa Anda konsumsi.

(frb/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*