Mantan Menkominfo Tifatul Dt Tumangguang Jadi Khatib Sholat I’d di Lapangan Poliko

Mantan Menkominfo Tifatul Dt Tumangguang Jadi Khatib Sholat I’d di Lapangan Poliko

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Pemerintah Kota Payakumbuh kembali akan menggelar Sholat Hari Raya Idul Fitri 1440 H / 2019 M. Seperti tahun lalu, Sholat I’d  direncanakan berlangsung di Halaman Balaikota Payakumbuh, ex. Lapangan Poliko, Jl. Veteran No. 70 Kelurahan Kapalo Koto Dibalai Kecamatan Payakumbuh Utara.

“Sama seperti tahun lalu, pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1440 H nanti akan dipusatkan di Halaman Kantor Balaikota Payakumbuh,” ujar Kepala Dinas Kominfo Jhon Kenedi yang bertindak selaku penanggungjawab publikasi saat dihubungi Sabtu (25/5/2019).

Dikatakan, pemerintah kota sendiri telah mematangkan persiapan pelaksanaan Sholat I’d melalui serangkaian rapat panitia. Pada rapat koordinasi terakhir Kamis (23/5) lalu, diketahui Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika (Mekominfo) RI, Tifatul Sembiring akan bertindak selaku Khatib.

“Benar, Khatib Sholat I’d kita di Lapangan Poliko nanti Insyaallah Pak Tifatul Sembiring, mantan Menteri Kominfo yang juga merupakan ‘urang awak’. Sementar Qori Internasional asal Payakumbuh Ustadz Ihsan Nuzula bertindak sebagai Imam Sholat,” ungkap JK, sapaan akrab Jhon Kenedi.

Ditambahkan, dalam rapat persiapan tersebut, panitia telah membahas dan membagi tanggungjawab kegiatan pada masing-masing komponen terkait. Diharapkan pelaksanaan Sholat I’d akan ramai diikuti warga Payakumbuh dan sekitarnya.

“Persiapan sudah kita matangkan, sejumlah perangkat daerah menyatakan kesiapan sukseskan acara, seperti Dishub terkait pengaturan lalu lintas dan parkir, Satpol PP pengamanan area, Kominfo publikasi, Dinas LH terkait kebersihan dan PDAM membantu menurunkan mobil tanki air bersih untuk berwudhu’,” tambah JK.

Dijelaskan, rencananya untuk akses jalan menuju lokasi sholat akan diberlakukan one way atau satu arah. Akses dari arah Simpang Bunian akan di tutup dan hanya akan dibuka akses masuk dari simpang Masjid Muhammadiyah.

“Seperti tahun lalu, kita berlakukan one way. Masuk dari arah Simpang Masjid Muhammadiyah depan Bank Nagari dan keluar lewat Simpang Bunian,” terang JK.

Panitia juga menyiapkan alternatif tempat seandainya pada Hari-H turun hujan dilokasi acara. Direncanakan, Sholat I’d akan dipindah ke Masjid terdekat, yaitu Masjid Taqwa Bunian.

“Jika nanti turun hujan, maka kita menyediakan alternatif lokasi sholat di Masjid Taqwa yang berada tidak jauh dari lokasi,” ucap JK.

Sesuai jadwal Imsyakiyah, Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H akan jatuh pada Rabu tanggal 5 Juni 2019. Pemko sendiri akan menunggu pengumuman resmi dari Kementerian Agama RI selaku otoritas yang akan menetapkan kapan jatuhnya 1 Syawal 1440 H.

“Kepada warga Payakumbuh dan sekitar, mari beramai-ramai mengikuti Sholat I’d di Halaman Balaikota Payakumbuh, bergabung dengan Bapak Walikota, Wakil Walikota dan para pimpinan lainnya didaerah kita. Sekalian berjumpa dengan Pak Tifatul Sembiring yang jago berpantun,” pungkas JK.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas